BPP Gelar Kegiatan Pendampingan Pendaftaran Akun SINTA untuk Dosen dan Peneliti di SV UGM

Selasa (19/09/2017), Universitas Gadjah Mada (UGM) merupakan universitas riset di Indonesia yang diakui keberadaannya pada taraf internasional. Sebagai universitas riset, hasil-hasil penelitian menjadi aset yang harus dikelola secara serius agar menjadi manuskrip publikasi yang bermutu. Melalui Badan Penerbit dan Publikasi (BPP) UGM secara khusus memberikan perhatian untuk penguatan hasil publikasi riset-riset ilmiah dari sivitas akademika.

Merespons surat edaran yang telah dikeluarkan oleh Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristekdikti pada April 2017, nomor: 227/E/IV/2017 tentang himbauan agar para dosen dan peneliti mendaftarkan akun di portal SINTA, BPP UGM menggelar kegiatan pendampingan pendaftaran akun dosen dan peneliti UGM untuk membuat akun pada portal SINTA. Tim BPP UGM mendatangi langsung fakultas-fakultas di UGM. Adapun akun pada portal SINTA berguna untuk menjembatani hasil publikasi dosen dan peneliti serta akan menjadi media yang dirujuk dalam berbagai regulasi baik di Kemenristekdikti maupun di BPP UGM.

Bertempat di Ruang 225 SV UGM, acara dibuka langsung oleh Dekan SV UGM Wikan Sakarinto,S.T., M.T., Ph. D. Kepada para peserta Wikan berpesan agar riset dari SV UGM semakin kreatif dan inovatif terus meningkat untuk kemajuan fakultas dan universitas.

“Diharapkan dengan adanya pelatihan ini publikasi riset kita semakin baik,” pungkasnya.

BPP UGM yang diwakili oleh Purwani Istiana, SIP., M.A memberikan soisalisasi SINTA dengan materi pendampingan terkait dengan pendaftaran akun Google Scholar, penelusuran Scopus ID, dan pembuatan akun pada portal SINTA. Setelah memiliki akun SINTA, dosen dan peneliti diminta untuk melakukan pendaftaran verifikasi dengan mengisi Google form yang terdapat di web BPP UGM: https://goo.gl/forms/Q1lq5tqTeVo1aSNA3

“Dari total ribuan dosen UGM, saat ini tercatat hanya 906 dosen yang sudah memiliki akun SINTA, sehingga BPP masih harus gencar berjuang mensosialisasikannya,” ujar Purwani.

Kegiatan pendampingan yang sama masih akan digelar di fakultas yang belum diberikan pendampingan oleh tim BPP UGM. Cara ini dinilai efektif, sehingga nantinya diharapkan seluruh dosen dan peneliti UGM dapat memiliki akun pada portal SINTA.