13th Korean Days UGM Sukses Digelar

Program DIII Bahasa Korea Sekolah Vokasi UGM bekerja sama dengan S1 Bahasa Korea UGM kembali menggelar acara Korean Days UGM. Korean Days merupakan acara yang rutin setiap tahunnya digelar dan pada tahun 2017 ini telah diselenggarakan Korean Days yang ke-13.

Kegiatan yang diberi nama “13th Korean Days UGM” telah dipersiapkan oleh panitia selama kurang lebih 11 bulan demi suksesnya acara tersebut.

Acara 13th Korean Days UGM, terdiri dari beberapa serangkaian acara yaitu Seminar Korean days yang berlangsung pada 20 Agustus 2017, dengan mengangkat tema “Kiat Sukses dan Passion Diri dalam Karir“. Bertempat di Ruang Sidang 225 SV UGM, dalam acara seminar ini turut menghadirkan dua pembicara yaitu Fajar Hadria Putra seorang penulis webtoon dan Kartika Hapsari alumni D3 Bahasa Korea yang sekarang sedang bekerja di PT. Happy Dream.

Selain itu, pada 26 Agustus 2017, juga berlangsung kegiatan Audisi Singing and Dancing 13th Korean Days UGM. Bertempat di GP Lantai 1, peserta yang sudah mendaftarkan diri baik kategori Singing maupun Dancing akan menunjukan kemampuan masing-masing untuk memperebutkan kursi Final. 6 peserta terbaik Singing dan Dancing akan masuk babak Final yang akan dilaksanakan pada hari Minggu, 17 September 2017.

Berlangsung selama 2 hari (16-17 September 2017), 13th Korean Days tahun ini bertempat di PKKH UGM. Pada hari pertama, 16 September 2017, acara yang dimulai pukul 13.00 WIB dibuka oleh tari tradisional dan ditutup pada pukul 21.00 dengan penampilan Guest Star dari Jakarta. Selain itu, terdapat pula Spech Contest Competition dalam Bahasa Korea yang diikuti oleh seluruh mahasiswa di Indonesia, dimana pada babak final Spech Contest akan dipilih dua peserta terbaik untuk menjadi juara.

Sementara pada hari kedua 13th Korean Days, merupakan malam puncak dimana ditampilkan para finalis yang telah lolos pada tahap audisi, yaitu 6 finalis Singing Cover dan juga 6 finalis Dancing Cover. Selain itu, juga ditampilkan Unit Kegiatan Mahasiswa yang dimiliki oleh Bahasa Korea UGM.

Pada malam puncak 13th Korean Days, disuguhkan hiburan-hiburan panggung yang menampilkan budaya tradisional Korea, budaya tradisional Indonesia, dance performance, band, dan masih banyak lagi.

Tema yang diambil pada 13th Korean Days UGM adalah “Golden Time”. Tema ini diambil dengan maksud ingin mencerminkan perjuangan bangsa Korea dalam meraih masa keemasan/kejayaan (golden time). Kita tahu bersama bahwa dulu Korea sebenarnya merupakan sebuah negara miskin yang jatuh karena krisis moneter, tapi dengan perjuangan yang keras akhirnya mereka mampu bangkit dan menjadi salah satu negara terkaya di Asia. 13th Korean Days juga bermaksud untuk memperkenalkan budaya Korea, baik tradisional maupun modern, melalui penampilan-penampilan di panggung dan berbagai macam stand. Beberapa stand ini menjual makanan khas Korea, penyewaan pakaian tradisional Korea, permainan tradisional Korea, dan masih banyak lagi stand lain yang berhubungan dengan budaya Korea. Salah satu stand yang paling spesial adalah stand mini museum. Stand ini memberikan informasi mengenai sejarah perjuangan bangsa Korea dalam mencapai kejayaan mereka. Sehingga selain mendapat hiburan, pengunjung juga mendapat ilmu yang bermanfaat.