Alumni SV UGM Berhasil Melanjutkan Studi Jenjang S1 di Coventry University,UK

Rabu (20/09/2017), Alumni mahasiswa SV UGM Program Studi Ekonomi Terapan Angkatan 2013 Hana Dina Alvina berhasil melanjutkan studi jenjang Sarjana Strata 1 (Bachelor) di Coventry University, UK. Saat ini Hana mengambil Top Up Programme dengan Jurusan International Business. Top Up Programme adalah program bachelor yang diperuntukan untuk mahasiswa yang sudah memiliki gelar Associate’s Degree (setara dengan Diploma Tiga).

Dalam wawancaranya Hana menjelaskan bahwa lama masa studinya hanya satu tahun, hal ini dikarenakan mahasiswa yang sudah memiliki gelar Associate’s Degree langsung dimasukan di tahun terakhir perkuliahan S1 mengingat masa studi untuk tingkat S1 di sana hanya 3 tahun.

Lebih lanjut Hana menceritakan  bahwa di tahun terakhir mereka belajar beberapa modul wajib dan pilihan sebelum akhirnya diberi gelar B.A (Hons) yang setara dengan Strata 1 di sini,  namun sebelumnya mereka harus membuat dissertation yang dibimbing oleh dosen supervisor di sana.

“Saat ini saya memang menggunakan biaya sendiri, tapi saat ini saya sedang mengusahakan beasiswa dari Coventry,” tandasnya.

Lebih dalam Hana membagikan pengalamannya saat persiapan entry requirements yang harus dipersiapkan. Selain IPK yang harus baik, score IELTS juga harus dipersiapkan jauh-jauh hari. Dijelaskan bahwa score minimum berbeda-beda di setiap jurusan, lebih amannya tentu harus 6.0 atau lebih. Selebihnya adalah membuat motivation letter, curriculum vitae, dan surat rekomendasi.

Hana menegaskan bahwa jurusan yang yang akan diambil harus relevan dengan jurusan terdahulu. Misalnya jurusan terdahulu Ekonomi Terapan maka jurusan yang akan diambil nantinya harus linier, dan ini berlaku untuk semua jurusan tidak hanya ekonomi.

“Tips dari aku yang penting harus persiapan jauh-jauh hari dan juga persiapan cari jurusan yang mau diambil. Di website setiap universitas sudah dijelasin kok, kita hanya harus rajin-rajin cari informasi saja,” tutupnya.