Rayakan HUT ke-5, MAPALGA Gelar Lomba Orienteering

Senin (19/09/2017), Mahasiswa Pencinta Alam (MAPALGA) Diploma III Pengelolaan Hutan Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada (DPH SV UGM) dibentuk bertujuan untuk menampung atau menghimpun mahasiswa yang memiliki hobi berkegiatan di alam bebas seperti rimba atau gunung. Secara resmi pada tanggal 16 September 2012 organisasi ini diakui secara de facto sebagai organisasi semi otonom. Saat ini MAPALGA diketuai oleh Hanung Surya Atmaja Mahasiswa DPH Angkatan 2015.

Dalam  rangka merayakan HUT Mapalga yang ke-5, Mapalga mengadakan  lomba orienteering, yaitu olahraga yang membutuhkan kemampuan dan keterampilan navigasi menggunakan peta dan kompas untuk  menyelesaikan suatu lintasan dari titik kontrol satu ke titik kontrol lain dalam waktu sesingkat mungkin yang mana pada periode ini bertemakan jelajah hutan yang berjudul “Kebut Rimba 2017” yang bertujuan untuk melatih kerjasama tim, melatih tanggung jawab dan mengenalkan alam dan diikuti oleh siswa/i SMA/SMK  sederajat di Daerah Istimewa Yogyakarta. Bertempat di Sigong Outbond Camping Area Gandok Kadilobo, Purwobinangun, Pakem, Kab. Sleman, Kota Yogyakarta (16/09/2017) acara berjalan lancar.

            Peserta Kebut Rimba 2017 melakukan kegiatan di area hutan  rakyat dengan rute total sepanjang 10 km untuk melewati setiap titik yang telah ditentukan. Pemenang acara lomba tersebut ditentukan dari perolehan  poin dan  kecepatan dalam menyelesaikan misi. Dalam acara tersebut, selain jelajah hutan, peserta juga diperkenalkan  materi tentang dunia kehutanan dan  ilmu-ilmu kemapalaan. Pada penghujung acara, peserta bersama panitia melakukan kegiatan penanaman semai jenis Sengon (Falcataria  mollucana) dan Jabon (Neolamarckia cadamba) serta diselingi materi-materi tentang teknik penanaman oleh  Ketua program  studi Diploma III Pengelolaan Hutan SV  Wiyono, S.Hut., M.Si  yang turut hadir dalam kegiatan tersebut sebagai wujud apresiasi. Selain itu program “Kebut Rimba 2017” didukung oleh Balai Pengelola Daerah Aliran Sungai dan Hutan  Lindung Serayu, Opak dan Progo dengan memberikan beberapa semai.

            Ditemui diruang Humas SV UGM ketua acara Wini Agustin menyebutkan bahwa pemenang pertama dari lomba jelajah hutan “Kebut Rimba 2017” adalah SMA John De Britto, disusul oleh SMK N 1 Sedayu regu 1 dan SMK N 1 Sedayu regu 2.

“MAPALGA berharap acara serupa bisa terlaksana lebih baik lagi pada tahun berikutnya,” pungkasnya.

Komentar (1)

  1. elmi 6 tahun lalu

    Seruuuuu