Usai Tandatangani MoU dengan PT. Leica, DTK SV UGM Gelar Kuliah Umum

Selasa (26/09/17), Bertempat di Auditorium Gedung B Fakultas Geografi, Departemen Teknologi Kebumian Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada (DTK SV UGM) yang diwakili oleh Dekan Wikan Sakarinto,. S.T., M.Sc., Ph. D menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT. Leica Geosystem Indonesia.

Kerjasama ini diupayakan untuk meningkatkan kompetensi sumber daya manusia untuk mendukung penyelenggaraan dan pengembangan Program Studi Pengindraan Jauh dan Sistem Informasi Geografi DTK agar menghasilkan lulusan yang kompeten, terampil, dan siap kerja.

Ceremonial pemberian bantuan berupa 500 lisensi software ERDAS Imagine dan Geomedia Desktop dari PT. Leica Geosystem Indonesia kepada SV UGM menjadi momentum awal merealisasikan kerjasama ini. Software ini disebut juga pengolah citra Penginderaan Jauh  dan yang bisa menggunakannya adalah Fakultas Geografi, Teknik (Geodesi, Geomatika, Geologi, Sipil), Mipa (Geofisika), Kedokteran, Kehutanan, Pertanian, Ilmu Budaya (Arkeologi), Ekonomi (D4 Ekonomi Kewilayahan).

Software ini nantinya bisa digunakan untuk mahasiswa, dosen, tenaga pendidik, dan pihak lain yang membutuhkan untuk mendukung kegiatas belajar mengajar di DTK,” papar Wikan.

Wikan menegaskan bahwa pihak mitra juga membuka kesempatan bagi mahasiswa DTK SV yang ingin magang dan belajar disana .

Tak tanggung-tanggung usai ceremonial MoU dan penyerahan hibah acara dilanjutkan dengan kuliah umum profesi yang menghadirkan Kolonel Kristian Suseno, S.Si,. M.Si dari Dinas Survei dan Pemotretan Udara TNI AU sebagai narasumbernya.

Tak kurang dari 200 mahasiswa memenuhi auditorium untuk mengikuti kuliah umum secara langsung. Kristian memperlihatkan  konsep pemotretan udara yang dilakukan langsung oleh TNI AU ketika di lapangan. Dengan hal tersebut mahasiswa dapat mengetahui secara langsung cara pengerjaan pengambilan dan pemrosesan data serta akhirnya pembuatan peta.

Kuliah umum profesi industri ini tantu dapat membukan wawasan mahasiswa untuk lebih mengenal lingkup pekerjaannya kelak.