Prodi Kearsipan SV UGM Terima Kunjungan dari SMK Kholiliyah Bangsri Jepara

Kamis (12/10/2017), Program Studi (Prodi) Kearsipan Sekolah Vokasi (SV) UGM hari ini menerima kunjungan dari SMK Kholiliyah Bangsri Jepara khususnya jurusan Administrasi Perkantoran. Bertempat di Hall Perpustakaan SV UGM tidak kurang 50 siswa berserta Bapak/Ibu Guru pendamping ditemui langsung oleh Kepala Program Studi Kearsipan Waluyo, S.S., M.Hum., beserta dosen dan staff Kearsipan.

Dalam sambutannya perwakilan Guru dari SMK Kholiliyah Bangsri Jepara menyatakan bahwa pihaknya merasa senang dan beruntung bisa diterima dengan baik oleh Prodi Kearsipan. Selain ingin melihat kampus Sekolah Vokasi secara langsung, informasi pendaftaran dan prospek kerja lulusan Kearsipan SV UGM menjadi hal yang ingin diketahui.

“Kami ingin mencari tau lebih tentang Prodi Kearsipan, agar siswa/i kami termotivasi untuk melanjutkan studinya disini,” paparnya.

Pada kesempatan baik ini Waluyo memaparkan sejarah, kurikulum, sistem pengajaran, peran arsip untuk Indonesia, dan prospek peluang studi lanjut maupun kerja bidang kearsipan di Indonesia. Tidak lupa Ia menjelaskan rencana pembukaan D4 Kearsipan yang sedang dalam proses perancangan.

“Saat ini kami sedang merencanakan pembukaan D4 Kearsipan yang setara dengan Strata 1 untuk menjawab kebutuhan SDM dilapangan kerja,” ujarnya.

Waluyo menegaskan jika Kearsipan SV adalah jurusan yang tepat untuk melanjutkan studi karena jurusan administrasi perkantoran dengan Kearsipan masih linier.  Dan bisa dipastikan jika kemampuan lulusan Prodi Kearsipan SV UGM sudah diakui oleh berbagai industri di Indonesia.

Lulusan Prodi Kearsipan UGM sebagian besar terserap di instansi pemerintah baik pusat maupun daerah, serta sebagian lagi di perusahaan swasta, perguruan tinggi, rumah sakit dan perbankan. Kebutuhan para profesional sangat tinggi, hal ini karena setiap instansi yang berjalan pasti menghasilkan arsip dengan demikian perlu pengelolaan. Kualifikasi profesional di Indonesia masih sedikit karena penyelenggara studi formal bidang kearsipan masih terbatas di beberapa perguruan tinggi negeri, dan hingga saat ini Kearsipan SV UGM mengambil peran untuk itu.

Kabar baik ini tentu di terima baik oleh SMK Kholiliyah Bangsri Jepara sebagai motivasi siswa/i-nya bahwa tidak semua lulusan SMK diharuskan langsung bekerja dan tidak memiliki kesempatan menempuh pendidikan tinggi. Jenjang karir yang ditawarkan lulusan Kearsipan menjadi pemicu semangat siswa/i untuk terus belajar.