SV UGM dan PIP Semarang Persiapkan SNTT 2017 yang Berbeda dari Tahun-tahun Sebelumnya

Apa itu SNTT?

Seminar Nasional Teknologi Terapan (SNTT) adalah forum yang mempertemukan stakeholder baik akademisi, praktisi, industriawan maupun pemerintah sebagai regulator dalam mewujudkan cita-cita membangun kedaulatan bangsa melalui sharing penelitian terapan, pengalaman, dan gagasan (ide) yang tertuang secara sistematis dalam bentuk makalah ilmiah. Forum tahunan yang sudah rutin dilaksanakan sejak tahun 2013 ini dapat juga digunakan oleh para akademisi dan peneliti sebagai untuk mendesiminasi hasil penelitiannya sebelum dihilirisasi ke masyarakat maupun ke industri. Seminar Nasional Teknologi Terapan (SNTT) 2017 mengambil tema “Membangun Sinergisitas Pendidikan Vokasi Untuk Menghasilkan SDM yang Tangguh dan Profesional Bagi Indonesia Yang Lebih Baik”. SNTT 2017 menampung berbagai disiplin keilmuan ilmu-ilmu terapan yang saling bersinergi. Pengelompokan bidang keilmuan tersebut dibagi menjadi 4, yaitu: (a) sains dan teknologi (industry, transportasi, computer informatika, material, energi) ; (b) sosio humaniora (bahasa, seni dan budaya, ekonomi, manajemen, akuntansi, pendidikan) ; (c) kesehatan (Kebidanan, keperawatan, kedokteran, rekam medis) ; (d) Agro (pertanian, kehutanan, peternakan dan kesehatan hewan).

Apa yang melatar belakangi  digelarnya kegiatan ini?

Di era ini persaingan sumber daya manusia (tenaga kerja) tidak hanya terbatas pada aspek keahlian dan keterampilan, melainkan melibatkan aspek budaya, sains (ilmu pengetahuan) dan teknologi yang melingkupinya. Pendidikan vokasional tentu saja sangat berkepentingan terhadap isu dan tantangan tersebut, karena pendidikan vokasional bertujuan menyiapkan sumber daya manusia yang memiliki keahlian terapan bidang tertentu. Namun demikian, penyiapan kurikulum pendidikan vokasional untuk pencapaian tujuan tersebut tidak hanya bersandar pada blueprint yang ditentukan oleh pemerintah tetapi merupakan sinergitas antara arah pendidikan dan pembentukan karakter yang digariskan pemerintah dengan keahlian yang dibutuhkan oleh industri dan metode pengembangan pengetahuan yang dimotori oleh perguruan tinggi vokasional melalui penelitian terapan.

Apa tujuan di gelarnya kegiatan ini?

Kegiatan ini sebagai bukti hasil kajian untuk memberikan inspirasi bagi peserta dan dosen lain di lingkungan SV UGM yang telah terakreditasi atas sejumlah catatan atau temuan dalam menata dan mengelola pendidikan vokasional untuk dijadikan acuan dalam mengembangkan teknologi terapan yang berkualitas.

Kapan, dimana, dan berapa biaya untuk mengikuti acara ini?

Berikut adalah Deadline Pendaftaran SNTT 2017:

Pendaftaran Seminar periode I 01 September – 21 Oktober 2017

Pendaftaran Seminar periode II 22 Oktober – 11 November 2017

Batas akhir penerimaan abstrak 18 September 2017

Pengumuman abstrak yang diterima 25 September 2017

Batas akhir penerimaan artikel 09 Oktober 2017

Pelaksanaan Acara 11 November 2017

Lokasi:

Hotel Eastpark Yogyakarta

Biaya Seminar:

Pendaftaran periode I Rp 600.000

Pendaftaran periode II Rp 700.000

Mahasiswa Rp 300.000

Bagaimana prosedur untuk mendaftar kegiatan ini?

Calon peserta wajib mendaftarkan dirinya melalui ePaper dengan cara:

Masuk ke web http://sntt.sv.ugm.ac.id > Sign Up (mengisi form yang terlampir)  > Login > Kemunian selesaikan semua isian form yang dibutuhkan> Submit > Dan langkah terakhir adalah melakukan pembayaran jika makalahnya sudah dinyatakan diterima oleh panitia.

Apa yang special dari SNTT 2017?

Tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena penyelenggara acara tidak hanya dari SV UGM, bekerjasama dengan Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang. PIP terlibat dikeseluruhan acara sebagai panitia, pemakalah, hingga narasumber. Tidak hanya dari segi internal yang berbeda namun lokasi kegiatan tahun ini berubah, kegiatan yang biasanya dilakukan dilingkungan gedung SV UGM kali ini diselenggarakan di Hotel Eastpark Yogyakarta.

Narasumber yang mengisi seminar bisa dipastikan adalah mereka yang ahli dibidangnya mewakili dari instansi dan industri. Berikut Keynote Speaker untuk SNTT 2017 Prof. Dr. Muhammad Dimyati, M.Sc. selaku Dirjen. Penguatan Riset dan Pengembangan, Kemenristek Dikti, Yudo Irianto, S.E., M.M. selaku Senior Vice President Human Resource Development di PT Pertamina (Persero), selaku Dr. Capt H. Wisnu Handoko, M.Sc. Kasubdit Angkutan Laut Dalam Negeri.

Kontak yang bisa dihubungi:

Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada

Gedung Sekolah Vokasi UGM, Sekip Unit 1 Catur Tunggal Depok Sleman Yogyakarta 55281

Telp. (0274) 541020

          (0816657133)

Email : sntt.sv@ugm.ac.id