Prodi DIII Kesehatan Hewan SVUGM Adakan Pelatihan Aplikasi Teknik Inseminasi Buatan pada Sapi dan Kambing

Program studi DIII Kesehatan Hewan Departemen Teknologi Hayati dan Veteriner Sekolah Vokasi (DTHV SV) UGM mengadakan Pelatihan Inseminasi Buatan (IB) sapi dan kambing untuk yang berlangsung pada 15 Agustus – 30 September 2017. Kegiatan tersebut terselenggara berkat adanya dukungan dari Pusat Inovasi dan Kajian Akademik (PIKA) UGM melalui program “Peningkatan Reputasi Lulusan Melalui Pelatihan Kompetensi Strategis”. Tujuan dari kegiatan PIKA secara umum adalah untuk meningkatkan kualitas dan keahlian lulusan Prodi Keswan sebagai tenaga terampil di bidang IB, khususnya pada komoditas ternak sapi dan kambing.

Gagasan awal pelaksanaan kegiatan pelatihan IB sapi dan kambing muncul karena melihat fakta di lapangan dari berbagai sumber bahwa masih banyak diperlukan tenaga terampil dari lulusan Prodi Keswan. Kekurangan tenaga inseminator dan tenaga paramedik kesehatan hewan saat ini masih cukup tinggi, sehingga sebagai salah satu bentuk kontribusi, Prodi Keswan perlu membekali mahasiswa dengan keterampilan yang baik, agar ketika mahasiswa lulus telah siap untuk melaksanakan tugas yang terkait dengan IB dan kesehatan hewan. Harapan Prodi Keswan ke depan adalah dapat ikut berperan mensukseskan program ketahanan pangan di bidang peternakan dan kesehatan hewan, dalam hal peningkatan populasi sapi dan kambing dengan pengaplikasian teknologi reproduksi IB.

Rangkaian kegiatan Pelatihan IB juga dilengkapi dengan adanya Workshop Aplikasi Teknik IB yang telah terselenggara pada Sabtu, 30 September 2017. Tujuan Workshop ini adalah untuk memberikan penekanan penting dalam pelaksanaan Inseminasi Buatan dan Motivasi untuk menumbuhkan semangat dan percaya diri mahasiswa. Pembicara nasional yang turut hadir adalah Dr. drh. Surya Agus Prihatnano, MP (ahli reproduksi sapi); drh. Sri Gustari, MP (peneliti spermatozoa hewan) dan Indah Zuli Astuti, A.Md (praktisi, inseminator profesional). Sebagai moderator adalah Prof. Dr. drh. Ida Tjahajati, M.P (Kepala DTHV SV UGM), dan drh. Naela Wanda Yusria Dalimunthe, M.Sc. Ketua pelaksana program ini adalah drh. M. Rosyid Ridlo, M.Sc., beserta tim anggota drh. Naela Wanda Y. D., M.Sc. dan Febri Ariyanti, S.Pt., M.Sc., dibantu oleh asisten kegiatan yaitu: Achmad Fauzi A. Md., Brian Yoga W., A. Md., Amar Makruf Maulika., A. Md., Pangestuti Rahayuningsih, A. Md,  Rezza Dennyanto, A. Md dan Oriza Sativa T.D., A.Md.

Kegiatan pelatihan IB sapi dan kambing tersebut diikuti oleh 51 mahasiswa Prodi DIII Keswan semester 5 (lima). Rangkaian kegiatan pelatihan IB diawali dengan pembekalan materi terkait sistem organ reproduksi pada sapi dan kambing, mekanisme estrus dan hormonal, prosesing semen, praktik IB secara in vitro (di dalam Laboratorium Prodi Keswan), pengenalan alat IB, perakitan alat IB, praktik IB langsung pada sapi dan kambing, serta palpasi. Pelaksanaan semua kegiatan tersebut dilakukan sesuai dengan prinsip animal welfare.