Sambut Dies ke-8, Sekolah Vokasi UGM Gelar Expo Pengabdian Kepada Masyarakat

Minggu (22/10/17), Menyambut Dies Natalis SV UGM ke-8, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada (PPM SV UGM) bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kulon Progo menyelenggarakan kegiatan bertajuk Expo Pengabdian Kepada Masyarakat Sekolah Vokasi UGM 2017. Rangkaian kegiatan ini diawali dengan pembukaan yang diresmikan oleh Wakil Rektor Bidang SDM UGM, Prof. Dr. Ir. Bambang Agus Kironoto, Minggu (22/10) di Halaman SV UGM. Sebanyak 6  booth dari 5 lokasi pengabdian dan Pekan Karya Ilmiah Mahasiswa (PKM) juga ditampilkan pada kegiatan ini.

Kegiatan Expo PPM SV UGM 2017 bertujuan untuk memberikan wadah bagi pelaksana pengabdian untuk menampilkan dan mempublikasikan hasil pengabdian yang telah dilakukan. Selain itu juga untuk memperkenalkan produk unggulan dari lokasi pengabdian, papar  Dr. Silvi Nur Oktalina, S. Hut., M. Si selaku Wakil Dekan Bidang PPM SV UGM sekaligus penganggung jawab program.

Hal serupa juga disampaikan oleh drg. Ika Dewi Ana, M.Kes., Ph.D selaku Wakil Rektor Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. “Hasil-hasil pengabdian tidak akan berguna jika hanya berhenti pada laporan pengabdian semata, sebagai produk masyarakat pengabdian perlu untuk disosialisasikan dan diseminasi informasi kepada masyarakat luas terlebih civitas akademika,” ujarnya.

Dalam Expo kali ini PPM sebagai pihak penyelenggara menggelar kegiatan Focus Group Discussion (FGD) yang dilakukan untuk meminta masukan dari stakeholder untuk mengevaluasi kegiatan pengabdian kepada masyarakat Sekolah Vokasi tahun 2017 dan merencanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat tahun 2018 (23/10). FGD diikuti oleh Perwakilan Bapeda Provinsi dan Kabupaten di DIY, Dinas-dinas terkait, kepala desa lokasi kegiatan pengabdian kepada masyarakat Sekolah Vokasi tahun 2017 dan stakeholder lainnya.

Sebelum acara FGD dilaksanakan, Dekan SV UGM didampingi oleh Wakil Rektor UGM Bidang PPM beserta jajaran pimpinan PT. Bank Mandiri Cabang Yogyakarta meresmikan Ruang Pusat Hilirisasi Riset Kolaboratif (PHRK) SV UGM yang bertempat di Sekip 1 KPTU UGM. Pada kesempatan baik ini PT. Bank Mandiri memberikan bantuan dana kepada SV UGM untuk pengembangan PHRK. Inovasi ini dimaksudkan untuk menjadi pusat hasil penelitian civitas SV UGM, tidak menutup kemungkinan untuk kolaborasi riset dengan fakultas, universitas maupun steakholder dari luar civitas SV.