FPLANT, Aplikasi Buatan Mahasiswa SV Raih Juara II di LKTI Gamacom 2017

Yogyakarta, Gadjah Mada Competition (Gamacom) merupakan kompetisi antar mahasiswa se-Indonesia dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) tingkat nasional. Gamacom bertujuan untuk meningkatkan minat mahasiswa Indonesia untuk mengkontribusikan ide, aspirasi dan gagasan secara lebih ilmiah, konkrit, dan aplikatif. Perlombaan LKTI Nasional ini diselenggarakan oleh Kementrian Pengembangan Karya dan Potensi Mahasiswa Kabinet Kolaborasi Kebaikan BEM KM UGM 2017.

Tahun ini menjadi tahun ke-2 diselenggarakannya Gamacom. Tak tanggung-tanggung, acara ini merebutkan piala Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dan sejumlah uang pembinaan. Indonesia Memimpin Dunia menjadi tema yang diambil panitia tahun ini. Para peserta diharuskan mengikuti tahap demi tahap yang ada, dimulai dari seleksi abstrak, seleksi full paper, hingga final juara.

Salah satu tim dari UGM yang beranggotakan Muhamad Ali Irham (D3 Elektronika dan Instrumentasi 2015), Tirta Meyrizka Lubis (D3 Elektronika dan Instrumentasi 2016), dan Fajar Cahyoo (Fakultas Filsafat) berhasil memenangkan Juara II pada kompetisi ini.

Tim ini membuat FPLANT yaitu sebuah aplikasi Agricultural Development sebagai sarana motivasi, edukasi dan data base informasi Penyuluhan Pertanian Lapangan (PPL) untuk menunjang produktifitas petani di Desa Srimulya, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

“Aplikasi ini dapat membantu mempermudah PPL dalam mengkomunikasikan penyuluhan dan sebagai media edukasi bagi petani, keduabelah pihak sama-sama membutuhkan,” tegas Tirta.

Tirta menambahkan sebagai mahasiswa UGM, kita harus dapat berkontribusi aktif dan berkolaborasi dengan industri yang mana dapat bersama-sama mewujudkan kemandirian bangsa.