Sekolah Vokasi UGM Gelar Job Fair dan Career Expo 2017

Selasa (7/11/17), Bertempat  di  Graha  Sabha Pramana UGM Yogyakarta Lantai 1, Sekolah Vokasi UGM melalui Vocational Development Center (VDC) dengan didukung Maxi Organizer Job Fair dan Career Expo resmi dibuka. Digelar selama dua hari 7-8 November 2017, VDC menargetkan 12.000 pengunjung yang hadir. Acara yang dibuka untuk umum ini tidak dipungut biaya masuk, peserta hanya diwajibkan mengisi registrasi online di jobstreet.com untuk mendapatkan tiket masuk. Dibuka pukul 09.00 hingga 16.00, di hari pertama peserta sudah mencapai lebih dari 6.000 orang.

Jobfair ke-9 VDC ini resmi dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Kerja Sama, Alumni, dan Perencanaan Strategis Radhian Krisnaputra, S.T., M.Eng., didampingi oleh Wakil Dekan Bidang Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Urusan Internasional dan Humas & TIK Dr. Silvi Nur Oktalina, S.Hut., M.Si., Kepala Bagian Hubungan Masyarakat dan Protokol UGM Dr. Iva Ariani, S.S., M.Hum., dan Manager unit kerjasama dan pengembangan usaha Dr. Nurulia Hidayah.

Dalam sambutannya Radhian menyampaikan bahwa kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk membantu para lulusan dalam mendapatkan pekerjaan yang diharapkan. Ia berharap agar lulusan SV UGM diberikan amanah untuk memberi kemanfaatan yang lebih di perusahaan-perusahaan mitra.

“Kami sampaikan kepada mitra bahwa VDC selain menggelar Job Fair secara rutin juga memfasilitasi apabila Bapak/Ibu jika membutuhkan training,” ujarnya.

Lebih jauh Radhian menjelaskan bahwa di VDC ada unit training yang siap membantu mitra apabila membutuhkan pelatihan di berbagai bidang, seperti pelatihan brevet, bahasa, komputer, dan lain-lain. Radian juga meyakinkan, bahwa saat ini VDC memiliki tim psikologi dan kesehatan untuk proses recruitment, sehingga mitra tidak perlu repot untuk menyediakan tim recruitment.

 “Kami akan pastikan lulusan yang direkrut melalui kami sesuai dengan kebutuhan instansi, terbukti beberapa instansi sudah mempercayakan recruitmentnya melalui kami,” tegasnya.

Radian menutup sambutan dengan harapannya agar dua hari ini acara berjalan lancar, ada simbiosis mutualisme antara Sekolah Vokasi UGM dengan perusahaan mitra.

Ditemui di lokasi Job Fair Ketua Panitia Yoga Dwi Hastono menjelaskan bahwa kali ini panitia mengusung tema  “One Step to Our Career”, dengan harapan melalui kegiatan ini para peserta selangkah lebih dekat dengan karir impian mereka.

Bagi perusahaan yang bergabung dalam kegiatan ini diharapkan memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan kandidat-kandidat yang sesuai kompetensi yang diharapkan oleh perusahaan. Berbeda dengan Job Fair dan Career Expo sebelumnya, ada acara job fair kali ini akan menghadirkan narasumber untuk sharing mengenai karir dan pengalamannya yang akan dikemas dalam suguhan career talks.

“Melalui career talks, tentunya peserta akan lebih mendapatkan ilmu dan gambaran mengenai dunia karir yang lebih luas. Selain itu acara akan dihibur dengan penampilan Demian Sang Ilusionis,” ungkapya.

Selain itu, beberapa perusahaan menyelenggarakan walk in interview pada saat acara job fair tersebut.

Ia menambahkan, Polda DIY kan turut berkontribusi dalam kegiatan Job Fair& Career Expo Sekolah Vokasi UGM dengan mengadakan sosialisasi pembuatan SKCK.