Maksimalkan Pelayanan Tenaga Pendidik, SV UGM Gelar Service Excellence Training

Jumat (17/11/17), Sekolah Vokasi (SV) UGM sadar akan pentingnya Service Exellence untuk memberikan pelayanan kepada civitas akademika dengan sebaik-baiknya, maka perlu pemahaman tentang bagaimana teknik-teknik pelayanan untuk tenaga pendidik (tendik).

Bertempat di Hall Perpustakaan SV UGM melalui Unit Sumber Daya Manusia (SDM) berhasil menggelar acara Pelatihan Service Excellence Training bagi tendik di lingkungan SV UGM. Hadir dalam acara Dekan Sekolah Vokasi Wikan Sakarinto, S.T., M.Sc., Ph.D dan Wakil Dekan Bidang Keuangan, Aset dan Sumber Daya Manusia Faiz Zamzami, S.E., M.Acc., QIA.

Wikan menyampaikan bahwa tendik harus mendukung 7 inovasi stratejik untuk mendukung Sekolah Vokasi Kuat dan Menguatkan UGM. Salah satu bentuk dukungan yang bisa diberikan adalah dengan tidak berpuas diri dan terus mengembangkan diri, salah satunya dengan membuat inovasi-inovasi baru demi kemajuan bersama. Hibah menjadi salah satu jembatan untuk tendik turut ambil peran dalam perbaikan. Tak lupa Wikan menyampaikan rasa terimakasihnya untuk seluruh tendik di lingkungan SV UGM.

“Terimakasih sudah menemani perjalanan Vokasi selama ini, dan tentu perjuangan kita masih sangat panjang.” pungkasnya.

Dihadiri lebih dari 50 tendik di lingkungan SV UGM, materi utama disampaikan oleh Andi Kurniawan selaku Kepala Pengelola CRM Bank BNI Cabang DIY dan Jawa Tengah. Andi memaparkan jika pelayanan dimulai dari hal-hal kecil, bahkan tanpa bertatap muka sekalipun. Contohnya adalah mengangkat telepon, dari greeting hingga menutup telepon kita pastikan pelayanan harus maksimal.

“Harus ada komitmen untuk layanan terbaik, di dunia layanan penilaian jadi poin penting,” tegasnya.

Sikap dan kontrol gerakan tubuh seperti jabat tangan, berdiri, berbicara tidak luput harus diperhatikan.

“Yang perlu dibangun oleh tendik adalah service mindset,” jelasnya.

Hal serupa yang dilakukan seluruh karyawan BNI untuk meningkatkan pelayanan, karyawan harus sadar betul dengan kewajibannya memberikan pelayanan prima. Selain itu 4 elemen service excellence yaitu proses, infrastruktur, produk, dan SDM perlu dimiliki untuk membangun pelayanan prima di SV UGM.

Selaras dengan yang disampaikan Wikan, perwakilan tendik berprestasi yang menjuarai “hibah tendik” SV UGM tahun 2017 dari Departemen Ekonomika dan Bisnis (DEB) berkesempatan memaparkan ide gagasan kreatifnya. Sebuah ide sistem aplikasi yang mampu melihat jadwal dosen dan ruangan di DEB sehingga mampu memberikan kemudahan bagi keseharian civitas berhasil dibuat. Butuh waktu untuk mengimplementasikan ide gagasan ini, tentu pengelola departemen dan fakultas akan sangat terbantu dan mendukung realisasi gagasan ini.