Samakan Presepsi Akademik, Sekolah Vokasi UGM Adakan Workshop Mutu Akademik

Jumat (24/11), Sekolah Vokasi (SV) UGM memiliki jumlah mahasiswa kurang lebih 7100 mahasiswa. Jumlah ini dalam level fakultas bukan jumlah yang sedikit, perlu kerjasama seluruh elemen akademik untuk membangun sistem akademik yang baik. Pimpinan fakultas  perlu berkoordinasi dengan departemen dan program studi guna menyamakan presepsi seluruh penanggung jawab akademik. Hal ini yang mendorong SV UGM melalui unit akademik merasa perlu mengadakan Workshop Mutu Akademik.

Bertempat di Ruang Pancanaka Griya Persada Hotel Kaliurang Yogyakarta, acara dihadiri oleh dosen dan staff kependidikan SV UGM yang bertanggungjawab dibidang akademik. Peserta diharapkan bisa mengidentifikasi masalah, menganalisis masalah serta menuangkan ide-ide kreatif yang mampu menunjang mutu akademik.

Hadir dalam workshop ini Agus Nugroho,S.T., M.T Wakil Dekan bidang Akademik dan Kemahasiswaan. Agus dalam sambutannya menyatakan bahwa memajukan SV UGM khususnya dibidang akademik perlu adanya dukungan dari seluruh civitas akademika.

“Kuncinya adalah saling kerjasama dan mengingatkan baik itu di level program studi, departemen, dan fakultas,” tegasnya.

Senada dengan yang disampaikan Agus, Kasub Direktorat Administrasi dan Informasi Akademik Nur Biyantoro, S.E., M.M., dalam paparan materinya menekankan tentang peraturan dan prosedur teknis tentang akademik yang berlaku di universitas.

“Sejauh ini pelaksanaan peraturan akademik di Sekolah Vokasi sudah berjalan sesuai harapan universitas, tetapi masih perlu ditingkatkan lagi khususnya dalam hal teknis mengingat fakultas ini memiliki banyak mahasiswa,” ungkapnya.

Nur menyampaikan jika materinya bisa diunduh di laman ugm.id/2017/materiSV. Usai materi utama acara dilanjutkan dengan diskusi untuk menyamakan presepsi akademik. Pada sesi ini dimanfaatkan untuk berdiskusi mengenai permasalahan di masing-masing program studi, departemen dan bersama mencari solusi.

Menuju kesimpulan akhir, Sekolah Vokasi mengharapkan masukan-masukan dari seleruh peserta yang hadir guna memperbaiki sistem akademik di masa yang akan datang. Selain itu diharapkan akademik sebagai core bisnis mampu memberikan sistem yang baik kepada civitas akademika terutama mahasiswa agar tujuan Vokasi dalam berkontribusi untuk Indonesia tercapai.