Tingkatkan Kerjasama, Sekolah Vokasi UGM Gelar Partnership Gathering dengan Perusahaan-perusahaan di Indonesia

Rabu (20/12), bertempat di Hotel Sheraton Mustika Yogyakarta berlangsung acara partnership gathering dengan perusahaan-perusahaan di Indonesia. Acara yang diinisiasi Sekolah Vokasi (SV) UGM untuk meningkatkan kerjasama tersebut turut mengundang lebih dari 60 perusahaan yang hadir.

Wikan Sakarinto, M.Sc.,Ph.D., selaku Dekan SV UGM dalam sambutannya menyampaikan  bahwa   sebagai pendidikan vokasional di UGM berfokus pada produk-produk hasil riset, dimana lulusan SV UGM memiliki karakteristik yang kuat pada bidang praktik.

“Kompetensi lulusan Vokasi dilengkapi dengan kemampuan manajerial, networking, leadership dan kemampuan bahasa asing,” tutur Wikan.

Harapannya, dengan berlangsungnya kegiatan partnership gathering SV UGM dengan perusahaan  ini dapat menjalin kerjasama yang lebih luas, baik dalam hal pengiriman mahasiswa magang, juga kedepannya pihak stakeholder dapat memberikan saran atau masukan kurikulum termasuk mendatangkan dosen tamu dari praktisi professional untuk memberikan kuliah.

Sementara itu, Dr. Paripurna, S.H., M.Hum., LL.M., selaku Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Alumni UGM menyampaikan bahwa acara ini merupakan ajang silaturahmi untuk mengenalkan SV UGM dengan pihak industri.

“Industri butuh orang dimana tubuhnya terbiasa dengan pekerjaan dibidangnya, misalnya jika mahasiswa sudah pernah intership ke bank, begitu dia kerja di bank dia bisa langsung menyesuaikan diri tanpa proses waktu yang lama. Semua itu sudah harus ada di darah para lulusan kami,” tegasnya.

Acara ini juga turut menjadi saksi peresmian peran mitra dan alumni Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada. Peresmian Bantuan renovasi Hall Perpustakaan SV UGM senilai Rp 120.000.000 dari Keluarga Alumni Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada diberikan secara simbolis kepada Dekan Sekolah Vokasi UGM.

Pada kesempatan baik ini dilakukan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Sekolah Vokasi UGM dengan Baitulmaal Muamalat tentang bantuan renovasi musala Departemen Ekonomika dan Bisnis SV UGM senilai Rp 67.260.000 dan Beasiswa B-Smart Kemitraan BMM-UGM berupa Biaya Pendidikan dan Biaya Hidup kepada mahasiswa SV UGM senilai Rp 260.000.000.

Selain itu dilaksanakan juga Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Sekolah Vokasi UGM dengan PT Mayora Indah Tbk tentang program magang dan rekrutmen lulusan serta bantuan peralatan praktik pengolahan kakao kepada Departemen Teknologi Hayati dan Veteriner SV UGM senilai Rp 189.295.000.

Tidak ketinggalan PT. Indonesia Comnet Plus juga Menandatangani Perjanjian Kerja Sama Sekolah Vokasi dengan tentang joint research senilai Rp 278.000.000. Terakhir, Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Sekolah Vokasi UGM dengan PT EBIZ INFOTAMA INTERINDO tentang Penyediaan Sertifikasi Dekstop Application Training Program (DAT Program).

Acara ini di tutup dengan Re Launching Portal Recruitment Sekolah Vokasi UGM oleh Manajer Vocational Devolopment Center  (VDC). Portal ini dinamai “SILOKER” yang dirancang untuk memfasilitasi dan menjembatani serta mempermudah job seeker mendapatkan pekerjaan yang diinginkan serta jobcreator (perusahaan) dimudahkan dalam memberikan informasi kerja & magang serta mendapatkan karyawan sesuai yang dharakan dan di butuhkan oleh perusahaan.

Keunggulan Siloker, yaitu Integrasi sistem antara pencari kerja dengan perusahaan yang diperantarai oleh admin, kemudian data yang diperoleh merupakan data dari jobseeker secara langsung, pelaporan atas lowongan pekerjaan yang terpublikasi dapat didownload langsung oleh perusahaan member, kemudian hasil unduh data dari SILoKer mudah untuk disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan atas data yang telah diinput, kemudian terdapat perhitungan statistika berbentuk pie bar atas lowongan yang telah dilaksanakan.