Awal Tahun SV UGM Kembali Kirimkan 10 Mahasiswanya Untuk Student Exchange ke Korea Selatan

Sepuluh mahasiswa Sekolah Vokasi (SV) UGM terpilih mengikuti program beasiswa untuk student exchange di Gangneung Wonju National University, Kyungnam University, dan Kangwon University,  Korea Selatan.

Acara pelepasan mahasiswa yang akan berangkat ke Korea ini berlangsung di R.138 Sekip I, dipimpin langsung oleh Dekan Wikan Sakarinto, ST.,MSc., Ph.D,  didampingi Kepala Departemen Bahasa Seni dan Manajemen Budaya (DBSMB) Dr. Endang Soelistiyowati, M.Pd. , Kepala Program Studi Bahasa Korea Supriadianto, S.S, M.A., serta Manager KUI Andri Handayani, S.S., M.A (19/01).

Program student exchange ini memiliki durasi pendidikan yang berbeda-beda yaitu berkisar antara 6 bulan (satu semester) sampai dengan 1 tahun (dua semester). Fasilitas yang didapatkan para mahasiswa terpilih tersebut cukup menarik, yaitu meliputi bantuan biaya untuk tiket pesawat pulang-pergi, bantuan biaya hidup selama di Korea, biaya pendidikan, gratis tinggal di asrama mahasiswa di dalam kampus, dan mendapat kesempatan belajar budaya Korea.

Rombongan dari 8 Mahasiswa Program Studi D3 Bahasa Korea dan 2 Mahasiswa D3 Bahasa Inggris tersebut dijadwalkan akan berangkat berama-sama pada tanggal 28 Februari 2018 dari Bandara Adi Sucipto Yogyakarta. Rata-rata yang lolos program ini adalah mahasiswa semester empat dan enam.

“4 mahasiswa di Gangneung, 2 di Kyungnam dan 4 di Kangwon ,” ujar Adi.

Adi menambahkan jika tidak semua mahasiswa mendapatkan Full Scholarship, ada diantara mereka yang menerima Partial Scholarship yang berarti mahasiswa hanya dibebaskan dari biaya kuliahnya saja selama disana. Untuk kebutuhan sehari-hari mahasiswa masih bisa mendapatkan penghasilan dengan cara bekerja part-time. Tidak sedikit mahasiswa Indonesia yang kuliah sambil bekerja disana untuk mendapatkahn uang tambahan.

Sementara itu ditemui di ruang KUI, Andri menyampaikan bahwa program ini tidak menutup kemungkinan akan terus berkembang dan tidak terbatas untuk mahasiswa-mahasiswa DBSMB saja.

“Kami harap dan akan terus upayakan untuk prodi lainnya. Selanjutnya untuk update informasi kesempatan exchange dan beasiswa lainnya akan kami infokan melalui sosial media resmi SV UGM, jadi ditunggu saja,” tutupnya.