Sekolah Vokasi UGM-Gyeongsang National University Jajaki Kerja Sama

Yogyakarta (6/2/18) – Sekolah Vokasi (SV) UGM dan Gyeongsang National University (GNU), Korea Selatan, menjajaki kerja sama di bidang peningkatan kualitas pendidikan.

Upaya itu dilakukan oleh Dean, Office of International and External Cooperation, Prof Lee Dong-Keun serta International Program Manager Prof Bin Yong-Uk yang berkunjung ke kampus SV dan diterima Dekan SV Wikan Sakarinto, Ph. D. Kunjungan ini adalah kunjungan balasan setelah tahun lalu Dekanat SV yang mengunjungi GNU terlebih dahulu.

Tujuan kedatangan ke kampus SV UGM adalah memperkenalkan kampus GNU, kemudian ingin mengetahui sistem pendidikan yang berlangsung di SV UGM, serta ingin mengadakan kerjasama dalam bentuk MoU antara kampus GNU yang merupakan universitas terkemuka di Korea Selatan dengan SV UGM, adapun hal-hal yang dikemukakan adalah mengadakan kerjasama di bidang pertukaran pelajar dan studi lanjut S1.

 “Saat ini mahasiswa sini ada yang masih belajar di GNU, tidak cukup hanya program exchange dan S1 kami juga menawarkan program S2 untuk calon dosen dan program S3 untuk dosen “, ungkap Prof Lee dengan menggunakan bahasa inggris.

Awalnya program ini diinisiasi oleh program studi Bahasa Korea, setiap tahun mahasiswanya dikirim ke GNU untuk belajar. Tentu saja kesempatan baik ini terus dikembangkan hingga ke lingkup fakultas sehingga mahasiswa jurusan lainnya bisa ikut memanfaatkan kesempatan baik ini.

Dua hari berturut, bertempat di R.225 sosialisasi program S2 dan S3 yang dihadiri oleh calon dosen dan dosen disambut positif (5/2). Berkesempatan bertemu 200 lebih mahasiswa dan alumni SV UGM, Prof Lee dan Prof Bin mensosialisasikan kampus GNU dengan antusias (6/2).

“Periode aplikasi untuk spring semester dimulai maret hingga Juni, dan untuk fall semester dibulan september dan desember,” ungkap Prof Bin.

Lebih jauh ia menjelaskan bahwa jika tertarik belajar di GNU, bisa memulai mempersiapkan berkas-berkas dari sekarang. Ia juga menegaskan bahwa ada beberapa beasiswa alternatif yang bisa diikuti calon pendaftar, sebut saja Korean Goverment Scholarship, beasiswa dari kampus GNU, dan masih banyak lagi.

Wikan menyambut positif kerja sama dari GNU dengan harapan mampu meningkatkan jaringan SV di dunia internasional.

“Jika kerja sama dengan Gyeongsang National University terealisasi dengan baik, maka SV menjadi pelopor di lingkup UGM,” ungkapnya.

Ditemui usai sosialisasi acara, Manager Kantor Urusuan Internasional (KUI) Andri Handayani menyatakan bahwa informasi lebih lanjut bisa ditanyakan langsung ke KUI Ruang 221 Sekip I. Bagi yang menghendaki materi sosialisasi yang disampaikan Prof Bin dan Prof Lee akan diupload di website sv@ugm.ac.id.

“Jadi tunggu saja informasi di sosial media kami, jika sudah kami upload,” tutupnya.