PCC Gelar Training of Trainers (ToT) Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)

Sabtu (7/4), Penalaran Center Comunity (PCC) Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada, devisi PKM Corner berhasil menyelanggarakan kegiatan ToT (Training of Trainers) mengenai Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Kegiatan ini mengupas tuntas mengenai beberapa bidang PKM yaitu PKM-KC, PKM-T, PKM-P, PKM-PSH. Selain ilmu yang didapatkan, peserta bisa sharing menganai PKM dan ide yang telah mereka persiapkan.

Bertempat di Ruang 225 acara dihadiri oleh lebih dari seratus mahasiswa Sekolah Vokasi. Ajang yang memupuk jiwa kreativitas ini mengusung tema “Tuangkan Idemu dalam PKM”, dengan tujuan untuk menggerakan mahasiswa mengikuti lomba atau kompetisi kepenulisan ilmiah.

Dengan konsep panel dua sesi, acara dibuka dengan motivasi dosen muda Fitri Damayanti Berutu, S.E., S.S., M.Sc., atau yang kerap dikenal dengan sebutan Jayco. Hadir sebagai narasumber Ma’un Budiyanto, ST., M.T., dosen D3 Teknik Elektro Sekolah Vokasi dan Dr. Med. Indwiani Astuti, dosen Fakultas Kedokteran.

“Dari sudut pandang saya, hal terpenting yang perlu diperhatikan dalam pembuatan PKM adalah kreativitas,” ungkap Maun.

Lebih lanjut Maun menegaskan bahwa kreativitas tidak harus baru, seperti petuah nenek moyang yang berbunyi Nonton, Niteni, Niru (Ngurangi, Nambahi, Ngilangake, Nganakake). Hal ini berarti bahwa ide inovasi hal-hal yang sudah ada bisa dikembangkan dengan sentuhan kreativitas. Ia menegaskan bahwa ide harus bisa bisa dituangkan dalam sebuah proposal PKM yang menarik sehingga juri terkesan saat membacanya.

Acara yang diagendakan dua kali ini dilaksanakan dalam rangka mengoptimalkan pelaksanaan Program Kreativitas Mahasiswa dan persiapan Program Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) dilingkungan Sekolah Vokasi UGM. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat mendorong peningkatan mahasiswa dari Sekolah Vokasi khususnya yang lolos PKM dan PIMNAS.