Writing Workshop: Komitmen Sekolah Vokasi Tembus Jurnal Internasional

Kamis (12/4), Universitas Gadjah Mada terus menunjukkan komitmennya untuk menjadi universitas riset kelas dunia. Melalui Unit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) Sekolah Vokasi UGM terus memupuk minat para dosen dan peneliti di lingkungan Sekolah Vokasi untuk terus aktif menghasilkan tulisan-tulisan yang berkualitas dan memberi kontribusi secara nyata untuk berbagai disiplin ilmu.

Dalam rangka mendukung keberhasilan UGM di bidang publikasi, PPM menyelenggarakan Writing Workshop yang bertempat di Ruang 225 Iso Reksohadiprodjo Sekolah Vokasi UGM. Sebagai pembicara dalam workshop tersebut adalah Prof. Volker Raddatz (Professor Departement Anglistik Humboldt University, Berlin).

Pada sesi pertama, Volker Raddatz memberikan materi tentang “Basic Writing”. Dalam paparannya Volker menerangkan hal-hal penting yang harus menjadi perhatian terkait publikasi sebuah artikel diantaranya pentingnya daftar pustaka, teori yang dipakai dan kepenulisan naskah. Sesi kedua workshop dilanjutkan dengan materi “Methodolgy”. Berbagai strategi dan trik jitu agar dapat diterima pada jurnal internasional bereputasi disampaikan dalam kesempatan ini. Termasuk didalamnya bagaimana membuat judul, abstrak, pengantar, isi dan kesimpulan yang baik.

Pada akhir sesi ketiga workshop dijelaskan tentang  manajemen referensi dan trik untuk mencegah plagiarism. Acara kemudian dilanjutkan dengan diskusi interaktif antara Volker Raddatz sebelum ditutup dengan foto bersama dan penyerahan sertifikat peserta.