Baitulmaal Food (B-Food); Program Kerjasama Baitulmaal Muamalat dan SV UGM

Sabtu, 09  Juni 2018 telah dilaksanakan Program Baitulmaal Food (B-Food) di Hall Perpustakaan Sekolah Vokasi UGM. Acara ini diselenggarakan oleh Baitulmaal Muamalat bekerja sama dengan 25 awardee mahasiswa Sekolah Vokasi UGM penerima beasiswa B-Smart.

Program B-Food merupakan salah satu bentuk kegiatan berbagi kebaikan di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini. Program ini berbentuk pemberian santunan Ramadhan berupa bahan kebutuhan pokok senilai Rp 40.000.000 untuk 100 orang mustahik (orang yang berhak menerima zakat/infaq/sedekah). Mustahik yang diundang untuk diberi santunan ini berasal dari  berbagai daerah di  Provinsi DIY seperti Bantul, Kulon Progo, Gunung Kidul, dan daerah di sekitar UGM, seperti Terban, Pogung, Karang Wuni, dan Blimbingsari. Para mustahik ini diperoleh dengan melewati berbagai prosedur, seperti dilakukannya survei secara langsung oleh mahasiswa ke rumah calon mustahik kemudian pengumpulan data identitas seperti fotokopi KTP dan KK, didukung pula dengan data rekomendasi dari kelurahan setempat dalam bentuk pernyataan Surat Keterangan Tidak Mampu.

Rangkaian kegiatan acara dimulai pada pukul 08.00 WIB. Diawali dengan pembukaan,  pembacaan ayat suci Al-Qur’an, sambutan oleh kordinator pelaksana yaitu Barru Tri Prayogo, sambutan oleh Dekan Sekolah Vokasi yaitu Bapak Wikan Sakarinto, S.T., M.Sc., Ph. D, sambutan perwakilan Baitulmaal Mumalat yaitu Bapak Sulistyanto Hibrizie selaku branch manager Provinsi DIY, tausiyah oleh Ust. M. Miqdam Makfi Lc., MIRKH., dan ditutup  dengan kegiatan pembagian santunan kepada para mustahik. Dalam sambutan yang diberikan, baik Bapak Wikan maupun Bapak Sulistyanto menekankan bahwa sama-sama menyatakan harapan untuk dapat menyelenggarakan kegiatan semacam ini secara berkelanjutan. Sehingga dapat menjadi multiple kebaikan untuk berbagai pihak. Baik bagi pihak pemberi yaitu Baitulmaal Muamalat, pihak penyalur yaitu awardee mahasiswa Sekolah Vokasi UGM, dan pihak penerima yaitu para mustahik.