VDC Selenggarakan Kuliah Umum Polytron sekaligus Open Recruitment di SV UGM

Yogyakarta (30/8) — Vocational Development Center (VDC) Sekolah Vokasi UGM menyelenggarakan kuliah umum bersama Polytron dengan tema “Look to the Future for Great Generation”  yang dihadiri oleh Dekan Sekolah Vokasi Bapak Wikan Sakarinto,. S.T., M.Sc., Ph. D serta Wakil Dekan Bidang Kerja Sama, Alumni, dan Perencanaan Strategis Bapak Radhian Krisnaputra, S.T., M.Eng., Komisaris dan Staf dari Polytron serta mahasiswa atau alumni SV UGM sebagai peserta. Selain memberikan materi di kuliah umum, Polytron juga membuka peluang lapangan kerja bagi mahasiswa akhir ataupun alumni untuk bisa bergabung bersama Polytron.

Polytron merupakan salah satu produk dari PT Hartono Istana Teknologi yang didirikan pertama tahun 1975 di Kudus dan Semarang dengan visi menjadi pelopor inovasi teknologi dan hiburan dalam keluarga. Misinya yaitu meningkatkan pengalaman konsumen melalui teknologi, servis dan produk. Dengan visi dan misi yang dimiliki oleh Polytron, peranan lulusan Sekolah Vokasi sangat dibutuhkan untuk bersaing dalam revolusi industri 4.0 ini.

Materi yang pertama dari kuliah umum ini diberikan oleh Bapak Tjahjono Pamudji. Beliau memberikan materi mengenai sejarah dari Polytron serta bagaimana perkembangan industri saat ini. Materi kedua disampaikan oleh Bapak David Setyadi Raharjo; beliau menyampaikan tentang pentingnya mahasiswa untuk membentuk softskill dan hardskill yang seimbang. Beliau menambahkan, “Mentalitas orang apabila tidak dipupuk dengan sedemikian rupa, maka, akan hancur juga bangsanya.”

Pemaparan selanjutnya diberikan oleh Bapak Andreas Agung yang menyampaikan materi tentang sejarah terbentuknya industri 4.0 dan bagaimana suatu industri bisa dianggap sebagai industri 4.0. Beliau menyatakan, “Suatu sistem industri yang baik tidak hanya terletak pada sistem elektronik yang baik, namun, harus didukung dengan keamanan yang baik pula.”

Pemateri yang terakhir yaitu Bapak Dwidjaja Setiabudi; beliau menyampaikan hal-hal apa saja yang harus diperhatikan para generasi muda untuk menghadapi revolusi industri 4.0. Selain itu, para generasi muda diharapkan bisa membangun jiwa melalui olah mental: untuk menjadi sehat, maka hati harus bahagia. Beliau juga menekankan untuk tidak melupakan 3 kata penting yaitu: terima kasih, minta maaf, dan tolong.

Kuliah umum ini ditutup dengan sesi tanya jawab dengan mahasiswa serta penjelasan mengenai prospek kerja ataupun fasilitas yang diberikan Polytron bagi mahasiswa, salah satunya untuk magang atau praktek kerja di sana. Tidak lupa Bapak Wikan Sakarinto,. S.T., M.Sc., Ph. D. selaku Dekan SV UGM menyampaikan banyak terima kasih kepada pihak Polytron karena telah bersedia hadir untuk bertemu secara langsung dengan mahasiswa/i SV UGM.