TechDay UGM by Huawei di Sekolah Vokasi UGM

Sekolah Vokasi (25/10) – Perusahaan besar berbasis teknologi, Huawei, mengadakan agenda roadshow ke beberapa universitas di Indonesia, salah satunya UGM. Agenda yang dilaksanakan di Hall Gedung Perpustakaan SV UGM ini diberi nama TechDay dengan tema “The Opportunity and Challege of Industrial Internet: Big Data and Cybersecurity”. Tujuan dari acara ini adalah untuk saling berbagi ilmu pengetahuan kepada masyarakat khususnya di lingkup universitas membahas terkait teknologi. Rangkaian acara ini meliputi sertifikasi, kompetisi nasional, pengikutsertaan mahasiswa dalam kegiatan Huawei, rekrutmen kerja dan magang. Pejabat yang turut hadir dalam acara ini yaitu Wakil Rektor Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Kemahasiswaan, Bapak Prof. Dr. Ir. Djagal Wiseso Marseno, M.Agr., Dekan Sekolah Vokasi, Bapak Wikan Sakarinto, S.T., M.Sc., Ph.D., Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Bapak Agus Nugroho, S.T., M.T., Wakil Dekan Bidang Keuangan, Aset dan Sumber Daya Manusia, Ibu Nuryati, S.Far., M.P.H., Wakil Dekan Bidang Kerja Sama, Alumni, dan Perencanaan Strategis, Bapak Radhian Krisnaputra, S.T., M.Eng. serta Ketua Departemen dari SV UGM. Vice President dari Huawei, Mr. Yuan Ming juga hadir dalam kegiatan ini.

Acara dibuka dengan penayangan video motivasi kemudian dilanjutkan sambutan dari Bapak Prof. Dr. Ir. Djagal Wiseso Marseno, M.Agr.; beliau menyampaikan dalam sambutannya, “Inilah yang dibutuhkan oleh Indonesia, karena jika kerja sama dengan perusahaan tidak dilaksanakan, maka Indonesia akan tertinggal. Perusahaan saat ini tidak terlalu memperdulikan dengan latar belakang pendidikan kita, namun kompetensi dari diri sendirilah yang nantinya akan dipertimbangkan oleh perusahaan.”

Kemudian, sambutan dari Mr. Yuan Ming menyatakan bahwa “Meski kita berbeda bahasa, namun kita memiliki kebudayaan yang sama dan misi yang sama untuk membuat dunia menjadi lebih baik. Semua orang tidak akan berhenti untuk berkembang dalam memajukan dunia dan kita semua bisa belajar dari orang lain.”

Tidak hanya itu, beliau juga memberikan gambaran mengenai Huawei, sejarah dan perkembangannya di dunia. Huawei selalu aktif melakukan dialog dengan berbagai komunitas dan pemerintah dalam pengembangan pendidikan dalam SDM, dan inilah yang menjadi rumusan terlaksananya roadshow dari Huawei ke beberapa kampus di Indonesia. Intelligent world menurut Huawei yaitu: All thing sensing, All thing connected, All thing intelligent.

Agenda lain dari Huawei yakni melaksanakan ICT Competition for Indonesia 2018-2019 yang mana mahasiswa Indonesia berkesempatan untuk mendapatkan banyak pengalaman dari kegiatan pelatihan. Mahasiswa dari Sekolah Vokasi UGM sendiri, dari jurusan D4 Teknologi Rekayasa Internet tahun lalu telah berkesempatan mengikuti kegiatan pelatihan dan mengunjungi laboratorium Huawei melalui seleksi secara Nasional.

Pada acara TechDay ini, juga diadakan Parallel Session dengan menghadirkan pembicara salah satunya Ketua Departemen Teknik Elektro dan Informatika, Bapak Nur Rohman Rosyid, S.T., M.T., D.Eng. Beliau telah mengembangkan sistem Security Cyber dalam hal pengamanan data khususnya di UGM serta Indonesia.