Mahasiswa Sekolah Vokasi UGM Meraih Best Paper Award ASEAN Student Conference 2019

 

(23/1) Eka Hafsari, Mahasiswa D3 Manajemen SV UGM tahun 2017,  berhasil meraih Best Paper Award ASEAN Student Conference 2019 dengan judul karyanya (Forest Protection Group and Springs Preserver) As Life Supporters of Mendiro Village. Kegiatan ASEAN Student Conference (ASC) tersebut diselenggarakan di Universiti Utara Malaysia pada tanggal 20 hingga 26 januari 2019.

ASC merupakan konferensi yang telah dilaksanakan dua tahun ini, dimana mahasiswa se-ASEAN mengirimkan paper terkait lingkungan dan bagi yang lolos akan diundang untuk mengikuti konferensi tersebut. Konferensi ini juga memiliki tujuan untuk memahami latar belakang dan solusi masalah lingkungan di Indonesia regional, nasional, dan internasional.

Eka termotivasi untuk mengikuti kegiatan ini karena dia merasa dirinya memiliki keresahan dalam bidang lingkungan khususnya deforestasi dalam hutan. Kemudian dia terinspirasi bahwa dari sekian banyaknya anak muda yang tidak peduli terkait hutan, ternyata ada beberapa orang yang cukup usia untuk memperjuangkan lingkungannya. Selama di sana, Eka mengikuti beberapa rangkaian acara meliputi fonferensi, forum dan diskusi, bonding, game, dan field trip. Pesertanya pun juga beragam dari negara Indonesia, Malaysia, Vietnam, bahkan Brunei Darussalam.

“Saya senang ketika masalah yang saya angkat ternyata sama dengan yang lain dan saya dapat memberikan inovasi yang berbeda dan dapat diterapkan dengan mudah diseluruh Negara”, ungkap Eka. Dengan begitu, dia berharap agar generasi muda dapat untuk lebih memahami latar belakang masalah lingkungan di Indonesia dan dapat menemukan solusi untuk memecahkan masalah tersebut.