Sosialisasikan tentang Sarjana Terapan, SV UGM adakan Open House bagi Siswa

Sekolah Vokasi (3/5) – Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UGM sudah semakin dinanti oleh para Calon Mahasiswa Baru (Camaba), Guru atau Orang Tua Siswa. Setiap tahunnya, Sekolah Vokasi (SV) UGM menyelenggarakan acara Open House dengan tujuan memberikan sosialisasi kepada siswa SMA/K atau MA yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi. Tahun 2019, SV UGM hanya akan membuka program DIV/ Sarjana Terapan, namun tidak semua siswa, guru atau orang tua yang telah mengetahui informasi tersebut, sehingga dengan kegiatan ini harapannya siswa camaba bisa semakin memahami bagaimana perbedaan antara Sarjana Terapan dengan Sarjana Akademik.

Dekan Sekolah Vokasi memberikan materi kepada Calon Mahasiswa Baru Peserta Open House

Pelaksanaan kegiatan ini di Hall Gedung Perpustakaan SV UGM, selama 2 hari pada tanggal 2-3 Mei 2019, dibagi menjadi dua sesi per harinya dimulai pukul 09.30-12.00 untuk Sesi I dan pukul 13.00-15.00 untuk Sesi II, dengan mengundang guru, siswa se-DIY. Namun tidak hanya itu, kegiatan ini bersifat terbuka bagi siapa saja, sehingga tidak jarang banyak di antara mereka berasal dari luar DIY, seperti dari Jawa Timur, Jawa Tengah bahkan luar Pulau Jawa. Penyampaian materi pada kegiatan Open House ini langsung diberikan oleh Dekan SV UGM, Bapak Wikan Sakarinto, S.T., M.Sc., Ph.D., serta didampingi oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Bapak Agus Nugroho, S.T., M.T., dan untuk penyampaian materi mengenai sistem pendaftaran disampaikan oleh Bapak Alif Subardono, S.T., M.Eng., selaku Manajer Unit Jaminan Mutu SV UGM, serta dihadiri oleh Tim Penerimaan Mahasiswa Baru SV UGM, dan Dosen Prodi Sarjana Terapan, setiap Departemen di SV UGM. Adapun tahun 2019 SV UGM membuka 13 Program Studi Sarjana Terapan terdiri dari:

9 prodi Sarjana Terapan yang baru, yaitu:

  1. Manajemen dan Penilaian Properti
  2. Perbankan
  3. Akuntansi Sektor Publik
  4. Pengelolaan Arsip dan Rekaman Informasi
  5. Teknologi Rekayasa Mesin
  6. Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak
  7. Teknologi Rekayasa Elektro
  8. Teknologi Rekayasa Instrumentasi dan Kontrol
  9. Manajemen Informasi Kesehatan

Adapun 4 dari 13 prodi yang sudah menyelenggarakan program Sarjana Terapan selama beberapa tahun terakhir yakni:

  1. Pembangunan Ekonomi Kewilayahan
  2. Teknik Pengelolaan dan Perawatan Alat Berat
  3. Teknologi Rekayasa Internet
  4. Teknik Pengelolaan dan Pemeliharaan Infrastruktur Sipil

Per-sesi dalam setiap harinya dihadiri sekitar 100-250 siswa baik SMA/K atau MA. Mereka akan diberikan penjelasan di ruangan, kemudian ada yang spesial dari tahun sebelumnya, peserta bisa langsung bertanya secara mendetail di stand perdepartemen yang ada di SV UGM. Fasilitas pada setiap stand selain penjelasan langsung diberikan oleh para dosen dari setiap prodi Sarjana Terapan, mereka bisa langsung berkonsultasi apabila ada kendala dalam pemilihan prodi atau informasi lainnya yang berhubungan dengan masing-masing prodi. acara ditutup dengan makan dan pemberian doorprice berupa sepeda dan boneka yang diberikan langsung oleh Dekan SV UGM, didampingi oleh Bu Fitri Damayanti Berutu, S.E., S.S., M.Sc., selaku Manajer Unit Pengembangan Kemahasiswaan