Tim Mobil Listrik UGM “Yacaranda” Siap Luncurkan EV-3 untuk KLMI 2019

Yogyakarta (8/11)– Tim Mobil Listrik UGM “Yacaranda” maju membawa nama UGM dalam kompetisi nasional tahun ini. Tim Yacaranda Sekolah Vokasi (SV) UGM yang merupakan kolaborasi dari Departemen Teknik Mesin (DTM), Departemen Teknik Elektro dan Informatika (DTEDI), Departemen Teknologi Kebumian (DTK), Departemen Layanan Informasi Kesehatan (DLIKES) SV UGM dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) maju dengan mobil baru yaitu: Super Sekip EV-3. Mobil ini adalah versi perbaikan besar-besaran di generasi ketiga setelah generasi pertama dan kedua, EV-1 di tahun 2017 berhasil masuk 6 besar Nasional KMLI 2017 dan EV-2 di tahun 2018 berhasil meraih juara 3 kategori ketepatan KMLI 2018.

Improvement yang dibawa pada Super Sekip EV-3 ini adalah :

  1. Sumber energi yang digunakan, pada EV-3 ini menggunakan sumber energi dari baterai LTO (Lithium Titanate Oxide) dimana LTO ini memiliki kelebihan yang signifikan dibandingkan Li-Ion (EV-2) dan Accu (EV-1) dan dapat bertahan dalam suhu -20oC hingga 800
  2. Sistem monitoring, pada EV-3 ini menggunakan sistem monitoring berbasis IoT (Internet of Things). Penggunan Iot dapat dengan mudah mengakses atau memantau kondisi tegangan baterai, suhu controller ,suhu baterai dan kecepatan mobil oleh siapa saja dengan mengunakan smartphone dalam jangkauan yang luas dengan internet .

8 November 2019 pada acara pelepasan Super Sekip EV-3 menuju KMLI 2019 yang dihadiri Bapak Dr. R. Suharyadi, M.Sc. Selaku Direktur Kemahasiswaan UGM, Bapak Wikan Sakarinto, S.T.,M.Sc.,Ph.D., selaku Dekan Sekolah Vokasi, Bapak Dr. Benediktus Tulung Prayoga, S.T.,M.T. selaku Kepala Departemen Teknik Mesin SV beserta jajarannya berlangsung dengan lancar dibawah binaan Bapak Sugiyanto, S.T., M.Eng., dan Bapak Isworo Djati, S.T. Tim Yacaranda berhasil mensukseskan mobil generasi ketiganya yaitu Super Sekip EV-3.

Seluruh tim dari Yacaranda memohon dukungan agar bisa juara dan mendapatkan apa yang diharapakan dalam ajang Kompetisi Mobil Listrik Indonesia (KMLI) 2019 yang akan dilaksanakan tanggal 14 s.d 16 November 2019 di Politeknik Negeri Bandung.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*