SNH2PM untuk Kulon Progo yang Lebih Maju

Yogyakarta, (18/11) Sekolah Vokasi UGM kembali mengadakan Seminar Nasional Hasil-Hasil Pengabdian Masyarakat (SNH2PM) dengan tema “OPTIMALISASI OUTPUT PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT INSTITUSI PENDIDIKAN VOKASI UNTUK MEWUJUDKAN MASYARAKAT 5.0” pada hari sabtu 16 November 2019 di UC Hotel UGM. Seminar ini dihadiri lebih dari 100 peserta yang terdiri dari Dosen SV UGM dan beberapa perwakilan dari Kulon Progo. Seminar ini juga menghadirkan beberapa Pembicara panel dari; Direktur Pengabdian kepada Masyarakat UGM, Prof. Ir. Irfan Dwidya Prijambada, M.Eng., Ph.D., Kepala Satuan Kerja Corporate Social Responsibility PT Bank Central Asia Tbk, Inge Setiawati, dan Kepala Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh, KP, Damar A.M.d.

Dalam acara tersebut, dimulai dari registrasi peserta seminar, kemudian seminar dari beberapa pembicara panel, dan kemudian dilanjutkan dengan paparan hasil pengabdian dosen-dosen SV UGM selama di Kulon Progo. Beberapa pengabdian dosen – dosen dari SV UGM tentunya bervariasi meliputi dari bidang Sains dan Teknologi; Inovasi Infrastruktur, Inovasi Alat dan Mesin, Inovasi Teknologi Informasi dan Perangkat Lunak, di bidang Ekonomi dan Sosial Humaniora; Inovasi Produk Pariwisata, Inovasi Manajemen dan Akuntansi, Inovasi Pembelajaran Bahasa, Inovasi Produk Seni dan Budaya, kemudian di bidang Agro dan Kesehatan; Inovasi Produk Hasil Pertanian, Inovasi Edukasi Kesehatan Masyarakat, Inovasi Produksi dan Kesehatan Hewan. Harapannya, dengan adanya pengabdian ini, pemberdayaan masyarat khususnya daerah Kulon Progo meningkat dan lebih siap menyosong revolusi Industri 5.0.
Dalam acara tersebut, diumumkan juga pemenang Lomba Inovasi Desa Binaan di Kulon Progo dengan juara satu dari kelompok Wanita Tani Makmur Lestari, Desa Pengasih Kulon Progo. Juara dua dari Kelompok Wanita Tani Sundul Langit Desa Kakao Banjaroya Kec. Kalibawang Kulon Progo. Kemudian juara tiga dari Kelompok Sadar Wisata Mulyo Kencono Desa Wisata Karangasem, Muntuk, Dlingo, Bantul.
SNH2PM sendiri merupakan kegiatan dengan skala nasional yang menampung berbagai lingkup bidang kegiatan pengabdian masyarakat, meliputi bidang sains-teknologi, sosial humaniora, kesehatan dan agro. Tahun ini, Seminar Nasional mengambil tema “OPTIMALISASI OUTPUT PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT INSTITUSI PENDIDIKAN VOKASI UNTUK MEWUJUDKAN MASYARAKAT 5.0”. Selain itu, kegiatan seminar ini diharapkan dapat membuka peluang kerjasama dengan mitra dan para pemangku kepentingan di masa yang akan datang. Sehingga tercipta sinergi yang baik dalam upaya meningkatkan pemberdayaan masyarakat serta mengoptimalkan potensi sumber daya yang dimiliki dalam bersaing dan menyongsong revolusi industri 5.0.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*