Pembangunan Gedung Field Research Center (FRC) Tandai Komitmen Sekolah Vokasi UGM dalam Pengembangan Program Sarjana Terapan

Yogyakarta (20/2) – Peletakan batu pertama sebagai tanda awal dari pembangunan Gedung Field Research Center (FRC) Sekolah Vokasi UGM pada Rabu,20 Februari 2020 di Kulon Progo. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Gubernur DIY, Paku Alam X, Bupati Kulon Progo, Drs. H. Sutedjo, Rektor UGM, Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng., IPU., ASEAN Eng, Dekan Sekolah Vokasi UGM, Wikan Sakarinto, S.T., M.Sc., Ph.D, jajaran Pemkab Kulon Progo dan pimpina SV UGM, serta warga sekitar. Sebelumnya pada bulan November tahun lalu Sekolah Vokasi UGM telah memulai pembangunan gedung Teaching Industry Learning Center (TILC) yang lokasinya berada di daerah Blimbingsari, Sleman, DIY.

Dalam sambutan selamat datang dari Bupati Kulon Progo, Drs. H. Sutedjo, menyampaikan harapannya agar dengan dimulainya pembangunan Sekolah Vokasi UGM, kedepan dapat memberikan energi positif bagi kualitas pendidikan di Kabupaten Kulon Progo dan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Demikian pula, dengan kehadiran Gedung FRC SV UGM ini akan semakin mendekatkan diri dengan masyarakat di wilayah Kabupaten Kulon Progo.

“Selain itu harapannya adalah semakin banyaknya generasi muda yang mengenyam pendidikan tinggi maka kualitas sumber daya kulon progo juga akan semakin meningkat.” tuturnya.

Gedung FRC yang berada di Jl. Tunjungan, Kab. Kulon Progo ini didesain memiliki 3 lantai yang difungsikan sebagai ruang pertemuan, analisa, laboratorium, serta perkantoran dengan konsep ruang terbuka bagi masyarakat umum serta civitas pendidikan untuk bisa mempelajari dan mengembangkan pendidikan vokasional. Gedung ini nantinya berfungsi sebagai pusat kegiatan riset dan pengembangan inovasi yang bekerja sama khususnya dengan Pemkab Kulon Progo. Dengan demikian, prinsip pendidikan Sekolah Vokasi “link dan match” dengan industri, instansi, serta masyarakat dapat diterapkan dengan baik dalam dunia nyata.

“Semoga dengan kita bekerja bersama-sama, bersinergi, kekurangan-kekurangan yang kita miliki bisa kita tutup dan bisa kita minimalkan agar kegiatan-kegiatan yang kita miliki semakin menguat dengan bersinergi satu dengan yang lainnya.” tutur Rektor UGM dalam sambutannya.

Pembangunan gedung ini menandai kesungguhan dan komitmen Sekolah Vokasi UGM dalam memfasilitasi program Sarjana Terapannya. Di tahun 2020 ini, SV UGM membuka lebih banyak program Sarjana Terapan (S.Tr.) atau Diploma 4. Sejumlah 20 program studi (prodi) dari kelompok sains teknologi maupun sosial humaniora siap ditawarkan dalam Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Sekolah Vokasi UGM 2020.

Dari kelompok sains teknologi terdapat 13 prodi yaitu:

  1. Manajemen Informasi Kesehatan
  2. Teknologi Rekayasa Mesin
  3. Teknik Pengelolaan dan Perawatan Alat Berat
  4. Sistem Informasi Geografis
  5. Teknologi Survei dan Pemetaan Dasar
  6. Teknik Pengelolaan dan Pemeliharaan Infrastruktur Sipil
  7. Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak
  8. Teknologi Rekayasa Internet
  9. Teknologi Rekayasa Elektro
  10. Teknologi Rekayasa Instrumentasi dan Kontrol
  11. Pengembangan Produk Agroindustri
  12. Teknologi Veteriner
  13. Pengelolaan Hutan

Adapun dari kelompok sosial humaniora terdapat 7 prodi yaitu:

  1. Manajemen dan Penilaian Properti
  2. Perbankan
  3. Akuntansi Sektor Publik
  4. Pembangunan Ekonomi Kewilayahan
  5. Pengelolaan Arsip dan Rekaman Informasi
  6. Bahasa Inggris
  7. Bisnis Perjalanan Wisata

Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) SV UGM 2020 jalur rapor atau Penelusuran Bibit Unggul (PBU) telah dibuka pada 4 Februari 2020 dan nantinya akan ditutup pada 18 Maret 2020. Seperti tahun-tahun sebelumnya, terdapat 4 jenis PBU yaitu PBUSMAK (PBU SMA/SMK/MA), PBUB (PBU Berprestasi), PBUTM (PBU Tidak Mampu), dan PBUK (PBU Kemitraan). PBUSMAK merupakan jalur bagi lulusan SMA/SMK/MA dengan nilai rapor 25% terbaik di sekolahnya. Adapun PBUB dibuka bagi lulusan yang memiliki prestasi di bidang olah raga dan IPTEKS. Sementara itu, bagi calon mahasiswa yang berkemampuan secara akademik namun tidak mampu secara ekonomi, dapat mendaftar melalui jalur PBUTM. Yang terakhir yaitu PBUK, merupakan program kemitraan antara UGM dengan Pemda, institusi pemerintah, dan/atau perusahaan. Semua persyaratan dan tanggal penting terkait PMB UGM dapat diakses di um.ugm.ac.id.

Selain jalur rapor, calon mahasiswa juga dapat mendaftar melalui jalur Ujian Tulis (UTUL) UGM. Calon peserta UTUL UGM mendaftarkan diri secara online di website resmi um.ugm.ac.id dan memilih tiga program studi yang diminati. Syarat bagi calon peserta UTUL UGM yaitu mengikuti UTBK tahun 2020. Adapun jalur terakhir untuk dapat diterima sebagai mahasiswa Sekolah Vokasi UGM yaitu Jalur Nilai. Dalam jalur ini, calon mahasiswa diseleksi berdasarkan hasil nilai UTUL UGM + nilai UTBK. Di jalur terakhir PMB SV UGM ini, peserta dapat memilih dua program studi di Sekolah Vokasi UGM.

Sekolah Vokasi UGM merupakan satu-satunya fakultas penyelenggara pendidikan vokasional di Universitas Gadjah Mada. Selain unggul dalam kurikulum karena disusun berdasarkan kebutuhan industri, SV UGM juga unggul dalam mendorong soft skills mahasiswa. Prestasi mahasiswa SV UGM berhasil menjadi juara umum pada Kompetisi Mobil Listrik Indonesia. Selain itu SV UGM juga terus menjalin hubungan dengan universitas di luar negeri untuk mewujudkan program dual degree, student exchange, dan international project lainnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*