Pembukaan Dies Natalis Sekolah Vokasi ke-11

Pembukaan Dies Natalis Sekolah Vokasi  ke-11 dilaksanakan melalui platform video conference Webex, Senin (4/10/2020). 

Dies Natalis Sekolah Vokasi ke-11 mengusung tema “Sekolah Vokasi Bangkit, Kompetitif, dan Produktif di Era Pandemi”.

Dimulai dengan laporan terkait kegiatan yang telah dirancang dari Radhian Krisnaputra selaku Ketua Dies Natalis Sekolah Vokasi UGM ke-11.

Radhian Krisnaputra, S.T., M.Eng., mengungkapkan, bahwa ini pertama kalinya bagi Sekolah Vokasi UGM untuk merayakan Dies Natalis metode daring, namun harapannya meskipun kegiatan dilakukan secara daring tidak mengurangi esensi, kemeriahan atau partisipasi aktif dari seluruh civitas akademika di Sekolah Vokasi .

“Meskipun perayaan Dies Natalis dilaksanakan melalui daring, namun pada saat puncak perayaan Dies Natalis akan ada kegiatan semi-daring, tentunya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku,” kata Radhian.

Pada Dies Natalis kali ini melibatkan seluruh komponen yaitu dosen, tenaga kependidikan, laboratorium, program studi, departemen, mahasiswa, serta alumni. Radhian menyebutkan ,meskipun kegiatan seperti jalan sehat tidak dapat dilaksanakan, akan ada kegiatan lain yang tetap dilakukan dengan meriah. 

Radhian menerangkan jika pelaksanaan Dies Natalis tahun ini berbeda dari sisi panitia penyelenggara, jika tahun lalu biasanya dilaksanakan dengan koordinasi dari masing-masing Departemen secara bergiliran. Tetapi, khusus tahun ini koordinasi panitia dilaksanakan dari KPTU, karena di masing-masing Departemen terjadi pembatasan aktivitas. 

Adapun rangkaian kegiatan dari Dies Natalis Sekolah Vokasi UGM ke-11 meliputi Pembukaan, Seminar Daring (nasional dan internasional), Kegiatan perlombaan (Tingkat departemen, Melibatkan partisipasi dari Laboratorium, Dosen, Tenaga Kependidikan, serta Mahasiswa), Temu Alumni, serta puncak dari acara Dies Natalis Rapat Senat Terbuka. 

Dr. Silvi Nur Oktalina, S.Hut., M.Si., selaku ketua penyelenggara Seminar Daring Internasional mengatakan, “Latar belakang dari diadakannya Seminar Daring Internasional adalah sebagai akibat dari turunnya jumlahnya mobilitas, sehingga kami (Sekolah Vokasi UGM) harus mencari cara bagaimana supaya masih tetap ada mobilitas walaupun secara virtual baik mitra kita dari luar maupun kegiatan yang dilaksanakan mitra internasional kita, memperkuat jaringan internasional, serta merupakan agenda yang tidak dapat dipisahkan dari rangkaian acara Dies Natalis Sekolah Vokasi UGM”.

Seminar Daring Internasional  sudah dimulai dari tanggal 30 September 2020 dan akan berlanjut hingga 21 November 2020. Adapun tanggal 20-21 November 2020 akan ada kerjasama dengan Balai Budaya sehingga dilaksanakan secara combine daring dan luring. Akan dilaksanakan secara live di kanal Youtube Sekolah Vokasi UGM sehingga dapat ditonton oleh khalayak umum.

Menanggapi kejadian luar biasa Pandemi COVID-19, kita telah berupaya bersama untuk melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan. Memasuki era adaptasi baru, Sekolah Vokasi UGM sudah menyiapkan lingkungan sekitar dengan melengkapi sarana prasarana untuk mencegah penularan COVID-19. Dalam rangka menyiapkan sarana prasarana di lingkungan kantor masing-masing akan ada lomba dalam bentuk video yang menggambarkan profil unit kerja, untuk menunjukkan bahwa Sekolah Vokasi telah memberikan pelayanan terbaik, dengan harapan dapat menjalankan aktivitas sehari-hari dan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” ungkap Ignasius Aris Hendaryanto selaku koordinator Kegiatan perlombaan Dies Natalis Sekolah Vokasi UGM ke-11.

“Selanjutnya ada Lomba pembuatan konten profil Program Studi D4 untuk website departemen, selain karena website perlu diperbaharui, banyak dari Program Studi D4 yang baru sehingga harapannya dapat memberikan informasi yang jelas bagi masyarakat luas terkait Program Studi D4 yang ada di Sekolah Vokasi UGM,” tambahnya.

Selain kegiatan perlombaan akan ada pemberian penghargaan dalam bentuk inventaris dari Sekolah Vokasi UGM kepada Departemen yang telah melakukan upaya pengembangan Sumber Daya Manusia yang terbaik selama satu tahun berjalan. 

Shinta Dewi selaku Koordinator dari Temu Alumni mengatakan, “Pelaksanaan yang dilakukan secara daring, kami berusaha untuk mengolah acara ini agar dapat menarik atensi dari peserta alumni”

“Acara ini terbuka bagi seluruh mahasiswa maupun alumni Sekolah Vokasi, serta akan ada doorprize yang akan langsung dikirimkan ke alumni yang berhak mendapatkan. Harapannya dengan acara Temu Alumni dapat menambah semangat serta kecintaan dengan almamater, serta bangga sebagai alumni dari Sekolah Vokasi UGM,” sambungnya.

Dilanjutkan dengan sambutan dari Dr.- Ing. Ir. Agus Maryono, selaku Dekan dari Sekolah Vokasi UGM. 

“Makna yang kita ambil adalah Sekolah Vokasi tetap bangkit, kompetitif, dan produktif meski di era Pandemi. Bangkit bukan berarti kita tidak boleh berpangku tangan, harus lebih semangat, sehingga nanti pasca pandemic kita sudah siap dengan sesuatu yang baru,” kata Agus.

“Jika Sekolah Vokasi UGM tidak menaikkan semangat menjadi dua kali, maka mungkin akan kalah dengan yang lain, karena banyak obstacle pada masa pandemi, dengan semangat dua kali minimal capaian kita (Sekolah Vokasi UGM) akan lebih banyak dari sebelumnya. Tentunya capaian fisik mungkin bisa akan mengerti, tapi capaian berupa pola pemikiran tiap departemen akan berkembang lebih cepat lagi, sehingga secara konsep telah maju bersama,” tambahnya.

Agus mengatakan, melibatkan dosen dalam perlombaan berfungsi untuk menggairahkan dosen pada masa Pandemi untuk tidak terlena, justru semakin maju menemukan jati dirinya menemukan legasi sebagai Prodi dan Departemen untuk maju meraih cita masing-masing.

“Lomba ini pada dasarnya buka sekadar hura-hura, namun lomba penuh makna yaitu mengembangkan entitas tiap-tiap elemen yang ada di Sekolah Vokasi UGM,” terangnya.

“Dalam lomba ini menganut harmoni progresif, yaitu siapa yang menang akan diberikan apresiasi, dalam artian bahwa dengan lomba ini kita (Sekolah Vokasi UGM) ada progres yang baik dilakukan oleh teman-teman,” tambahnya.

Dilanjutkan dengan pemaparan Lomba yang disampaikan oleh masing-masing koordinator Lomba, dan pelaksanaan Rapat Senat Terbuka pada 27 Oktober 2020 sebagai penutupan dari Dies Natalis Sekolah Vokasi UGM ke-11.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*