Sekolah Vokasi UGM selenggarakan The 2nd GREAT International Summer Course 2021

Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada menyelenggarakan The 2nd GREAT International Summer 2021 mulai 13 Juli 2021 sampai 8 Agustus 2021. Kursus musim panas ini adalah edisi kedua setelah pertama kali diselenggarakan pada tahun 2019. GREAT adalah singkatan dari Global Relations for Education and Development atau relasi global untuk pendidikan dan pembangunan. Kursus musim panas GREAT kali ini mengambil tema Indonesian Cultural Heritage in the Era of Industry 4.0 dan mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals) nomor 3, 4, 8 dan 12 yaitu kehidupan yang sehat dan mendukung kesejahteraan, pendidikan inklusif dan berkualitas setara, pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan pola konsumsi dan produksi berkelanjutan. Karena pandemi COVID-19, kursus ini dilaksanakan secara daring menggunakan Zoom sebagai media pembelajaran sinkron dan eLok UGM sebagai sistem pengelolaan pembelajaran asinkron bagi peserta.

Sebanyak 109 peserta dari berbagai negara seperti Tiongkok, Malaysia, Taiwan, India, Italia, Vietnam dan Indonesia mengikuti kegiatan ini. Sebanyak 24 pembicara baik nasional maupun internasional diundang untuk mengisi kuliah dan workshop virtual. Pembicara yang diundang pada kursus musim panas ini berasal dari berbagai universitas seperti Chengdu Textile College, Universiti Melaka (KUIM), Arizona State University, The University of Denver, University of Otago, Universita della Svizzera Italiana, Shivamanohari School of Performing Arts, Technical University of Vienna, Chiang Mai University, Universiti Putra Malaysia, Sun Yat-Sen University, National University of Singapore, National University of Civil Engineering Hanoi, dan Universitas Pertahanan Indonesia. Selain itu beberapa perusahaan dan instansi diundang untuk mengisi berbagai sesi seperti Garuda Indonesia, PT. Sidomuncul, Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta, Merapi Farma Herbal, dan Eco.J Ecoprint Jogja. Tentu saja pembicara dari lingkungan UGM juga terlibat seperti dari Fakultas Teknik, Fakultas Farmasi, Pusat Studi Perencanaan Pembangunan Regional dan Sekolah Vokasi UGM.

Andri Handayani, S.S., M.A. selaku ketua panitia GREAT International Summer Course 2021

“The 2nd GREAT International Summer Course 2021 terselenggara atas dukungan Direktorat Kemitraan, Alumni dan Urusan Internasional UGM melalui Kantor Urusan Internasional serta kerja sama dengan universitas mitra kami Chengdu Textile College, Tiongkok dan Universiti Melaka atau sebelumnya bernama Kolej Universiti Islam Melaka, Malaysia. Terima kasih atas dukungan yang diberikan,” ujar Andri Handayani, S.S., M.A. selaku ketua panitia GREAT International Summer Course 2021 pada upacara pembukaan Selasa, 13 Juli 2021.

Dekan Sekolah Vokasi UGM, Dr.-Ing. Ir. Agus Maryono

Dekan Sekolah Vokasi UGM, Dr.-Ing. Ir. Agus Maryono juga menyampaikan bahwa kursus musim panas ini adalah yang terbesar yang diadakan oleh Sekolah Vokasi UGM pada tahun ini karena melibatkan lebih dari 100 peserta dari berbagai negara meski dilaksanakan secara daring. Dalam sambutannya sebelum resmi membuka pelaksanaan kursus musim panas GREAT 2021, Sekretaris Direktorat Kemitraan, Alumni dan Urusan Internasional UGM, Dr. Puji Astuti, S.Si.,M.Sc., Apt., berpesan semoga penyelenggaraan kursus berjalan lancar, dan berharap para peserta dapat menikmati dan mengambil manfaat serta belajar banyak dari pembicara tamu dan aktivitas-aktivitas yang dilakukan selama kursus.

Sekretaris Direktorat Kemitraan, Alumni dan Urusan Internasional UGM, Dr. Puji Astuti, S.Si.,M.Sc., Apt.


Kontributor: Andri Handayani

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*