Penyerahan Sertifikat CGAA Untuk Lulusan Sarjana Terapan Akuntansi Sektor Publik

Yogyakarta (27/04) – Program Studi Sarjana Terapan Akuntansi Sektor Publik Sekolah Vokasi UGM baru saja melaksanakan penyerahan penghargaan sertifikasi kompetensi yaitu sertifikasi bidang akuntansi pemerintah. Penyerahan tersebut dilaksanakan secara Offline dan dihadiri oleh beberapa tamu penting.

Tahun 2021 adalah tahun kedua program studi ini berdiri dan akan menghasilkan lulusan dari jenjang alih program. Kondisi ini menuntut program studi untuk menghasilkan lulusan yang bergelar sarjana dan memiliki sertifikasi kompetensi yang diakui oleh industri.

Program studi telah melakukan kerjasama dengan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) melalui MoU Universitas dengan asosiasi profesi, dan perjanjian kerjasama antara Sekolah Vokasi UGM dan IAI pada 26 Februari 2021 tentang peningkatan kompetensi sivitas akademika Sekolah Vokasi UGM dalam bidang penyusunan pelaporan keuangan pemerintah. Lulusan Sarjana Terapan Akuntansi Sektor Publik Sekolah Vokasi UGM  mempersiapkan dan menyelenggarakan sertifikasi kompetensi Certified Government Accounting Associate (CGAA) baik untuk pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Sertifikasi ini nantinya diharapkan dapat memberikan pengakuan secara nasional karena diselenggarakan oleh Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) yang diharapkan mahasiswa yang berhasil lulus sertifikasi.

Tahun 2022 Departemen Ekonomika dan Bisnis (DEB) SV UGM telah resmi menjadi Computer Based Examination (CBE) IAI yang telah bekerjasama dengan IAI, tanggal 7 Desember 2021 telah berlangsung ujian sertifikasi CGAA untuk 6 mahasiswa Program Studi Sarjana Terapan Akuntansi Sektor Publik di Laboratorium Komputer DEB SV UGM. Hasil sertifikasi tersebut telah meluluskan 6 lulusan sarjana terapan akuntansi sektor publik, dengan 2 orang lulus CGAA – Pemerintah Daerah (Theodora Ayu F  dan Paula Irene Geraldine),  4 orang lulus CGAA- Pemerintah Pusat (Priyo Faturachman, Fatma Nadhilah, Muhammad Faiz Lazuardi, dan R.Aj. Alfaresya Adhiraputri).

Penyerahan simbolik sertifikat dilakukan pada hari ini Rabu, 27 April 2022 di DEB SV UGM ke perwakilan peserta atas nama  Muhammad Faiz Lazuardi bersama Ketua Departemen Ekonomika dan Bisnis Dr. Sumirah, Ak., serta Ketua Program Studi Sarjana Terapan Akuntansi Sektor Publik Dina Natasari, M.Acc., Ak, ketua panitia penyelenggara sertifikasi CGAA Tahun 2021 Rumiyati, M.Sc., CMA., dan Bapak Ibu Dosen Akuntansi Sektor Publik.  

Penulis: Ananda Nisrina M

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*