Melody Memory Project: Upaya SV UGM, AlzINed dan BBM dalam Antisipasi Demensia

Yogyakarta (29/5) – Berlatih gamelan dapat berkontribusi pada peningkatan kualitas hidup pada orang lanjut usia. Dua hal ini yaitu relasi budaya dan kesehatan masyarakat dikolaborasikan dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat.  “Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini dan berharap kegiatan ini dapat bermanfaat serta menjadi sarana bagi mahasiwa untuk belajar.” Demikian yang disampaikan oleh Dr. Wiryanta, S.T., M.T. selaku Wakil Dekan Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat serta Dr. Endang Soelistyowati, S.Pd., M.Pd selaku Wakil Dekan Bidang Kerjasama dan Alumni, Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada saat membuka Melody Memory Project yang dilaksanakan secara luring di Balai Budaya Minomartani dan daring melalui platform Zoom, dan Youtube Balai Budaya Minomartani.

Grup Karawitan Lansia Metri Budaya Memainkan Repertoir

Melody Memory merupakan projek bersama antara tim Center for Excellence Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada, Balai Budaya Minomartani, serta lembaga Stichting Alzheimer Indonesia Nederland yang akan berjalan selama tiga bulan mulai dari bulan Juni hingga September 2022. Bertepatan dengan Hari Lansia Nasional, projek kolaborasi ini diharapkan mampu membangun kesadaran para lansia anggota grup karawitan Merti Budaya Perumnas Condongcatur tentang kesehatan dan penyakit Alzheimer. Selain itu, projek ini, juga diharapkan dapat membantu mengurangi dampak Alzheimer dengan cara yang menyenangkan melalui pendekatan bermain gamelan.

“Karena penyakit Demensia ini memang belum ada obatnya, maka dari itu dibuatlah kegiatan-kegiatan non klinis untuk mengurangi risiko Demensia. “ ujar Amalia Fonk-Utomo selaku Ketua Stichting Alzheimer Indonesia Nederland. Sebelumnya, projek ini sudah dilaksanakan di Bali dan berjalan dengan sukses sehingga Tim AlzINed, sebutan untuk Stichting Alzheimer Indonesia Nederland, juga berharap acara tersebut dapat diadopsi di Yogyakarta.

Amalia juga turut menyampaikan harapannya agar kegiatan ini dapat dilanjutkan secara mandiri oleh para mahasiswa sebagai role model dan juga contoh untuk wilayah-wilayah lainnya di Indonesia.

Mahasiswa terlibat sebagai pembawa acara, praktik audio visual dan streaming acara

Tim mahasiswa Project-based Learning CoE Culture and Tourism menjadi pelaksana kolaborasi ini. Mahasiswa terjun langsung ke masyarakat dan berbaur dengan komunitas dalam penyelenggaran kegiatan. Acara pembukaan Melody Memory Project ini kemudian ditutup dengan penampilan Grup Gamelan Vokasi Inggris UGM dengan membawakan iringan berjudul  Monggang.

Teks dan Photo: Madina Atvia Nindar

Editor: Dewi Cahya Ambarwati (DBSMB SV UGM)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*