Launching Program Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) di Kabupaten Kulon Progo

Yogyakarta (13/7) – Sekolah Vokasi UGM melalui pembangunan gedung Field Research Center (FRC) di Kulon Progo meneguhkan kesungguhan dan komitmen SV UGM dalam memfasilitasi serta menerapkan prinsip pendidikan Sekolah Vokasi “link dan match” dengan industri, instansi pemerintah, dan masyarakat untuk dapat diterapkan dengan baik dalam dunia nyata. Sambutan tersebut disampaikan Dekan Sekolah Vokasi UGM, Dr.-Ing. Ir. Agus Maryono, saat meresmikan pembukaan Program Pengabdian kepada Masyarakat Dosen Sekolah Vokasi UGM tahun anggaran 202 pada hari Rabu 13 Juli lalu, di Gedung FRC Kulon Progo,

Kegiatan ini dihadiri oleh Pimpinan Sekolah Vokasi UGM; Sekretaris Daerah Kab. Kulon Progo; Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kab. Kulon Progo beserta jajarannya; Kepala Dinas; Lurah beserta kelompok dari daerah desa binaan; serta Ketua Pengabdian kepada Masyarakat Sekolah Vokasi UGM yang terdiri dari Dosen Sekolah Vokasi UGM.

Dalam sambutannya, Wakil Dekan Bidang Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat Sekolah Vokasi UGM, Dr. Wiryanta, S.T., M.T. menyampaikan Sekolah Vokasi memiliki banyak program pengabdian yang sudah berjalan sejak tahun 2016. Tema Pengabdian SV UGM terdiri dari Agro Lingkungan; Kesehatan; Bangunan Sipil, kelistrikan; BumDes/UMKM; Pariwisata; Perpetaan yang seluruhnya sudah terdistribusi ke beberapa daerah di Kulon Progo seperti Kapanewon Samigaluh, Lendah, Kokap dan lainnya.”

Wakil Dekan Bidang Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat Sekolah Vokasi UGM, Dr. Wiryanta, S.T., M.T.

Sambutan dilanjutkan oleh Bapak Ir. RM. Astungkoro, M.Hum, selaku Sekertaris Daerah Kabupaten Kulon Progo serta dan Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Kabupaten Kulon Progo, Bapak Triyono, S.IP, M.Si. “Semoga dari Pengabdian Masyarakat Sekolah Vokasi UGM memberikan nilai tambah dan kesejahteraan kepada masyarakat Kulon Progo. Sudah waktunya kita untuk bersama memberdayakan masyarakat, salah satunya melalui program-program pengabdian dari berbagai perguruan tinggi khususnya Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada.” ujar Bapak Triyono. Beliau menambahkan, “Kami berharap betul keberadaan program pengabdian dari Sekolah Vokasi UGM ini bisa dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat di Kulon Progo melalui bimbingan dan arahan dari seluruh perangkat daerah seperti Dinas, Kapanewon, Lurah dan sebagainya.”

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Kulon Progo, Bapak Triyono, S.IP, M.Si.

Agenda dilanjutkan dengan penyampaian paparan rencana kegiatan Pengabdian Kepada Masyakat 2022 oleh masing-masing dosen ketua tim pengusul, yang diselingi dengan arahan dan masukan dari mitra dan pemerintah kecamatan dan desa di Kabupaten Kulon Progo. Agenda ini dimoderatori oleh Bapak Fakih Irsyadi, S.T., M.T., selaku Manajer Unit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Kerja Sama, dan Publikasi, Departemen Teknik Elektro dan Informatika Sekolah Vokasi UGM. Perwakilan masing-masing Kapanewon dari wilayah desa binaan pengabdian masyarakat SV UGM juga menyampaikan detail kegiatan yang sudah dilakukan di daerah mereka. Acara ditutup oleh Wakil Dekan Bidang Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat Sekolah Vokasi UGM, Dr. Wiryanta, S.T., M.T.,

Penulis: Humas SV UGM

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*