Sekolah Vokasi UGM Terima Kunjungan Fakultas Vokasi Universitas Brawijaya

Jumat (22/7) Sekolah Vokasi menerima kunjungan dari Fakultas Vokasi Universitas Brawijaya (UB), yang terdiri dari Dekan, Wakil Dekan Bidang Akademik, Wakil Dekan Bidang Umum, Keuangan dan Sumber Daya, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kewirausahaan, beserta Kepala Bagian Tata Usaha, Kasubbag, dan jajaran staf Tendik. Rombongan diterima di Ballroom Lantai 2 Gedung Teaching Industry Learning Center Sekolah Vokasi UGM oleh Dekan Sekolah Vokasi UGM, Wakil Dekan bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Wakil Dekan Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Wakil Dekan Bidang Kerjasama dan Alumni, beserta Manajer Unit Pengembangan SDM dan Keuangan, Kepala Seksi Akademik dan Kemahasiswaan, dan Kepala Seksi Keuangan, Aset dan SDM.

Prof. Dr. Unti Ludigdo, S.E., M.Si., AK

Agenda diawali dengan sambutan dari Prof. Dr. Unti Ludigdo, S.E., M.Si., AK selaku dekan Fakultas Vokasi Universitas Brawijaya. Dalam sambutannya, Prof. Unti menyampaikan maksud dan tujuan rombongan berkunjung adalah untuk belajar dari SV UGM tentang Penyelenggaraan Pendidikan Vokasi dan kaitannya dalam peningkatan kualitas layanan. Mengingat Fakultas Vokasi UB baru berdiri di akhir tahun 2021, maka dari kunjungan ini diharapkan rombongan mendapatkan wawasan terkait praktik baik penyelenggaraan Pendidikan dan layanan di Sekolah Vokasi UGM. Dekan Sekolah Vokasi UGM, Dr.Ir.-Ing, Agus Maryono menyambut baik kehadiran Dekan, Wakil Dekan dan Jajaran Staf dari Fakultas Vokasi UB dan berharap silaturahmi antara kedua institusi Pendidikan Vokasi dapat terus terjalin. Selanjutnya, Dekan Sekolah Vokasi UGM, Dr.Ir.-Ing, Agus Maryono memaparkan sejarah dan perkembangan Sekolah Vokasi UGM. Beliau menyampaikan optimisme bahwa Indonesia membutuhkan Vokasi, sehingga semua Institusi Pendidikan Tinggi Vokasi harus memantapkan langkah dan bergerak bersama memajukan Vokasi, dengan mendorong peningkatan SDM Vokasi melalui studi lanjut, mendorong lahirnya Profesor Vokasi, menggerakkan TILC dan FRC dengan mengembangkan PBL untuk melatih mahasiswa berpikiran inovatif, menajamkan hard skill dan mengasah soft skill sehingga menjadi tangan-tangan pendorong industri.

Dr.Ir.-Ing, Agus Maryono

Agenda diikuti dengan pemaparan singkat dari masing-masing Wakil Dekan SV UGM. Dr. Wiryanta, S.T., M.T. selaku Wakil Dekan Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat memaparkan tentang upaya untuk terus memupuk semangat dan memotivasi semua dosen untuk mengajukan hibah PPM, menghidupkan kegiatan di sebelas (11) Center of Excellence yang ada di TILC dan FRC, mengkurasi paten dan HKI untuk diajukan dalam hibah kompetisi dengan pendanaan dari kementrian. Untuk bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Dr. Leo Indra Wardhana, S.E., M.Sc., CFP. menyampaikan SV UGM terus menggencarkan informasi terkait Pendidikan Vokasi ke SMK dan SMA untuk menjelaskan tentang Pendidikan Vokasi yang masih kurang dikenal. Wakil Dekan Bidang Kerjasama dan Alumni, Dr. Endang Soelistiyowati, M.Pd. juga menyambut baik kehadiran seluruh jajaran Pengelola Fakultas Vokasi Universitas Brawijaya dan berharap sinergi di antara kedua institusi dapat terus terjalin dan membuahkan kerja sama di masa mendatang.

Agenda dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diskusi seputar ekosistem kewirausahaan, proses administrasi perekrutan SDM, mekansime konversi magang MBKM 20 SKS, dan proses upgrade dari Prodi D3 ke D4 di SV UGM. Sesi kunjungan ditutup dengan pertukaran plakat, foto bersama dan meninjau Kantor Tata Usaha dan Akademik di Lantai 1 Gedung TILC.

 

Penulis dan Dokumentasi: Humas SV UGM

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*