ANGGER DEWI AYUNINGSIH RAIH JUARA 1 NATIONAL POSTER COMPETITION ITP

Angger Dewi Ayuningsih, salah satu mahasiswi Program Studi Teknologi Survei dan Pemetaan Dasar, Departemen Teknologi Kebumian Sekolah Vokasi ini baru saja meraih 2 juara sekaligus. Ia mendapatkan juara 1 Lomba Poster pada National Poster Competition yang diselenggarakan oleh Program Studi Teknik Geodesi Institut Teknologi Padang pada 14 Juni 2022dan juara 2 Lomba Peta dan Poster Digital Tingkat Nasional yang diselenggarakan Prodi S1 Teknik Geodesi di Institut Teknologi Nasional Malang pada 5 Juli 2022. Mahasiswa semester akhir ini mengikuti lomba tersebut atas saran dosen pembimbing sembari menunggu jadwal sidangnya.

 

Dirinya tidak menyangka bahwa ia mampu meraih juara tersebut, sebab ia hanya mencoba mengenalkan proyek akhirnya dengan tema Teman Candi Indonesia; Thematik Mapping of Indonesia. Menurutnya, topik ini dapat dijadikan inovasi untuk Indonesia. Sebelumnya, Angger telah merancang Web Geographic Information System (WebGIS) mengenai Candi Kedulan sehingga masyarakat Indonesia dapat menikmati panorama 3D Candi Kedulan secara online. Panorama 3D yang ia dapatkan, direkam menggunakan drone. Oleh sebab itu, Angger mengambil pemanfaatan drone untuk visualisasi cagar budaya sebagai bahan utama dalam posternya.

 

Melalui prestasinya tersebut, Angger menyatakan “Harapannya semoga (produknya) dapat bermanfaat bagi dunia industri khususnya balai pelestarian cagar budaya. Produk ini juga bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengenalkan candi ke masyarakat umum.” Ia juga menginginkan agar kedepannya lebih banyak lagi kompetisi mengenai ilmu kebumian untuk memberikan kesempatan mahasiswa kebumian berkembang.

 

Penulis: Fatimah Azzahra