Resmi Diwisuda, Alumni SV UGM Periode IV 2022 dapat Pembekalan terkait Dunia Kerja

Sebanyak 238 mahasiswa Sarjana Terapan dan Diploma III Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada (SV UGM) resmi menjadi alumni setelah mengikuti kegiatan Wisuda Wisuda Program Diploma dan Sarjana Periode IV Tahun Akademik 2021/2022 yang digelar pada Rabu (24/8).

Mereka yang telah diwisuda kemudian mengikuti kegiatan “Pembekalan Alumni bagi Wisudawan SV UGM Periode IV Agustus 2022” yang digelar oleh Keluarga Alumni Sekolah Vokasi UGM (KAVOGAMA) pada Kamis (25/8).

Kegiatan yang berlangsung secara daring tersebut menghadirkan pembicara alumni yang telah sukses berkarier di dalam negeri yaitu Nuraida Hakiki, S.Tr.T yang merupakan alumni D-IV Teknik Pengelolaan dan Perawatan Alat Berat SV UGM 2015. Selain itu, hadir pula pembicara alumni yang kini berkarier sebagai dosen di Jepang yaitu Dr. Mya Dwi Rostika yang merupakan alumni D-III Bahasa Jepang SV UGM 2000.

Tak hanya menghadirkan pembicara sesama alumni SV UGM, kegiatan pembekalan ini juga menghadirkan pembicara dari industri yaitu Ir. Joko Purwanto, M. Eng yang merupakan Executive Officer PT Hino Motors Manufacturing Indonesia.

Melalui kegiatan ini, Dr. Endang Soelistiyowati, S.Pd., M.Pd. selaku Wakil Dekan Bidang Kerja Sama dan Alumni berharap kepada seluruh wisudawan SV UGM bisa lebih siap untuk menentukan langkah yang akan diambil ke depannya dengan pertimbangan yang matang.

“Selamat kepada rekan-rekan yang telah dinyatakan lulus atas kerja kerasnya selama ini. Hari ini kita akan mendengarkan pemaparan dari pembicara yang tentunya hebat semua. Semoga rekan-rekan bisa mendapatkan gambaran ke depannya untuk memilih langkah selanjutnya seperti menjadi wirausaha, bekerja di usaha, ataupun melanjutkan S2 tergantung pilihannya masing-masing,” ungkapnya.

KAVOGAMA yang menjadi wadah berkumpul dan berbagi di kalangan alumni  SV UGM juga berpesan kepada seluruh wisudawan yang baru lulus untuk memilih langkah ke depannya dengan tetap menjaga kejujuran dan memiliki idealisme.

“Jika ingin bekerja di perusahaan, bekerjalah dengan loyal. Jika ingin menjadi wirausaha, carilah bekal terlebih dahulu. Tapi, di mana pun itu kita harus tetap mengedepankan kejujuran. Kita juga harus tetap punya idealisme untuk menciptakan kepribadian dan jati diri kita,” ujar H. Mas Yanto Herlianto selaku Ketua Umum KAVOGAMA.

“Apapun yang kalian akan lakukan ke depannya setelah lulus, selama itu baik dan halal akan menjadi berkah untuk kalian. Jangan lupa untuk mencari kolega dan teman. Kami sesama alumni SV UGM siap membantu teman-teman, jadi jangan ragu untuk berdiskusi bersama KAVOGAMA,” sambungnya.

Penulis: Rafi Muflih Rabbani