Dluwang Endah: Inovasi Hasil Karya Mahasiswa SV UGM

Yogyakarta (12/9) – Mahasiswa Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada memanfaatkan limbah kertas dan karton menjadi produk souvenir dan produk hampers yang memiliki nilai seni dan bernilai jual. Ide ini muncul karena adanya permasalahan sampah di Indonesia masih harus terus dihadapi bangsa ini setiap harinya.

Jumlah timbulan sampah di Indonesia yang bersumber dari 200 kabupaten atau kota se-Indonesia mencapai 41.230.997,83 ton pada tahun 2021. Jumlah sampah tersebut banyak didominasi oleh sampah sisa makanan, sampah kayu atau ranting atau daun, sampah plastik, dan sampah kertas atau karton (SIPSN, 2021). Jenis sampah kertas atau karton menyumbang 12,2% dari keseluruhan sampah yang dihasilkan. Padahal, jika mampu memanfaatkannya dengan baik, jenis sampah seperti kertas atau karton dapat didaur ulang atau diolah kembali menjadi sebuah barang yang bernilai jual.

Dengan permasalahan limbah di Indonesia khususnya jenis limbah kertas atau karton, tim Dluwang Endah yang beranggotakan Aisyah Yustikaningtyas Harnadi, Kayoselba Kustanto, Fidya Sekar Kinanti, Aveenda Zhafira Yasmin, dan Praditya Hanung Pratama berinisiatif untuk mengolah limbah kertas dengan konsep Recycle atau mengolah kembali limbah (daur ulang) menjadi suatu produk atau barang yang dapat bermanfaat yaitu kerajinan Quilling Paper.

Produk ini dinamai dengan Dluwang Endah yang merupakan inovasi baru dengan memanfaatkan limbah kertas yang diolah kembali menjadi kertas baru dan diberi warna, kemudian dibentuk menjadi Quilling Paper berupa aksesori dan hadiah yang indah.

Dluwang Endah

Selain itu, Dluwang Endah merupakan produk yang ramah lingkungan karena memanfaatkan barang bekas yang diolah menjadi barang baru Dluwang Endah memiliki 2 produk yakni souvenir dan hampers. Untuk souvenir dijual dengan harga Rp20.000,00 yang terdiri dari gantungan kunci, bros/pin, dan anting-anting. Sedangkan hampers Dluwang Endah dijual seharga Rp100.000,00 yang berisikan hiasan dinding kreasi quilling paper sebagai dekorasi pemanis ruangan dan juga terdapat bonus souvenir.

Kedua Produk Dluwang Endah yaitu souvenir dan hampers dapat dibeli dengan bentuk sesuai permintaan konsumen. Dluwang Endah sebagai produk ramah lingkungan yang menarik yang dapat menjadi opsi atau pilihan untuk memberikan hadiah souvenir atau hampers kepada orang spesial pada saat momen special.

Penulis: Aisyah Yustikaningtyas Harnadi