Sempat Terhalang Pandemi, POVVAF 2022 Akhirnya Digelar Secara Luring

Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada (SV UGM) kembali menggelar Pekan Olahraga Vokasi & Vocational Art Festival (POVVAF) secara luring di tahun ini. Mengusung tema “Vocational Spirit Break the Limit”, rangkaian POVVAF 2022 resmi dibuka oleh Dr.-Ing. Ir. Agus Maryono selaku Dekan Sekolah Vokasi pada Sabtu (10/9) di Stadion Pancasila Universitas Gadjah Mada.

Melalui sambutannya, Dekan berharap POVVAF dapat menjadi kegiatan yang menunjang tiga hal penting dalam kehidupan bagi mahasiswa SV UGM yaitu sehat, pintar, dan dekat dengan Tuhan.

“Tiga hal penting dalam kehidupan kita yaitu kesehatan, kepintaran, dan kedekatan dengan Tuhan. POVVAF ini bukan sekadar pekan olahraga yang hanya diartikan sebagai tempat tarung tanding, tapi harus bisa menjadikan kita lebih sehat karena olahraga. Kepintaran merupakan internalisasi ilmu ke dalam jiwa dan pikiran. Sedangkan, kedekatan kita dengan Tuhan bisa dilakukan seperti dengan salat lima waktu dan salat tahajud bagi yang beragama Islam,” ujarnya.

“Jadi, ketiga hal penting tersebut bisa kita lakukan melalui POVVAF ini karena ada olahraganya, serta olah jiwa dan olah pikirnya ada di kesenian dan kompetisi sains terapan,” sambungnya.

Dekan Sekolah Vokasi melakukan tendangan bola ke arah gawang sebagai tanda simbolis pembukaan POVVAF 2022.

Dekan juga berpesan kepada mahasiswa SV UGM untuk tetap menjaga harmoni terutama ketika departemen masing-masing saling berkompetisi. Menurutnya, Sekolah Vokasi menjadi fakultas dengan mahasiswa terbanyak kedua se-UGM sehingga sudah seharusnya bisa menjadi cerminan yang baik melalui keharmonisannya.

Pekan Olahraga Vokasi & Vocational Art Festival pada tahun ini digelar dari 10 September hingga 7 Oktober mendatang. POVVAF 2022 ini meliputi kompetisi olahraga, e-sport, festival seni, dan sains terapan.

Kompetisi olahraga terdiri atas cabang sepak bola, futsal, basket, bulu tangkis, dan best supporter. Kemudian, kompetisi e-sport terdiri dari cabang Mobile Legends, Magic Chess, PUBG, Valorant, Point Blank, Catur, dan Bridge.

Parade masing-masing departemen di Opening Ceremony POVVAF 2022.

Sementara itu, kegiatan pada cabang seni terdiri dari tari tradisional, stand up comedy, poster, pencak silat, musikalisasi puisi, monolog, lukis, fotografi, dance, dan akustik. Lalu, kompetisi sains terapan mencakup dua cabang yaitu desain startup dan karya tulis ilmiah.

Antusiasme dan respon yang baik dari civitas akademika SV UGM pada Pekan Olahraga Vokasi & Vocational Art Festival ini diharapkan dapat membangkitkan semangat dan kekompakan sekaligus menjadi persiapan delegasi ke Pekan Olahraga dan Seni Gadjah Mada (PORSENIGAMA) Tahun 2022.

Penulis: Rafi Muflih Rabbani