Prodi Akuntansi Sektor Publik SV UGM Bekali Sertifikasi CGAA kepada Lulusannya

Program Studi Sarjana Terapan Akuntansi Sektor Publik Sekolah Vokasi UGM baru saja melaksanakan penyerahan penghargaan sertifikasi kompetensi yaitu Certified Government Accounting Associate (CGAA).  Penyerahan simbolik sertifikat dilakukan pada Kamis, 20 Oktober 2022 di DEB SV UGM ke perwakilan peserta atas nama  Hafida Roychana bersama ketua panitia penyelenggara sertifikasi CGAA Tahun 2022 Dianila Oktyawati, S.A., M.Acc., Ak., CA., BKP., CMA. dan beberapa dosen Akuntansi Sektor Publik.

Ujian Sertifikasi CGAA merupakan ujian sertifikasi di bidang akuntansi pemerintahan yang dapat digunakan sebagai tolok ukur kemampuan seseorang dalam menyusun laporan pemerintahan pusat atau daerah. Ujian sertifikasi CGAA ini dibagi menjadi dua yaitu bidang pemerintah pusat dan bidang pemerintah daerah. Seseorang yang telah lulus ujian sertifikasi CGAA berarti telah memiliki pengetahuan tentang pengelolaan keuangan negara (pusat) atau daerah yang terdiri dari perencanaan, penganggaran, dan pelaksanaan. Selain itu, mereka juga memiliki kemampuan menyusun dan menyajikan laporan keuangan pemerintah pusat atau daerah sesuai dengan standar akuntansi pemerintahan.

Pelaksanaan ujian sertifikasi ini merupakan ujian sertifikasi kedua setelah pelaksanaan yang dilakukan pada Desember 2021 lalu. Sertifikasi ini merupakan program dari Prodi ASP untuk membekali kompetensi lulusannya dan memperoleh pengakuan secara nasional. Ujian sertifikasi ini diselenggarakan atas kerjasama dengan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI).

Ujian sertifikasi ini diselenggarakan pada tanggal 15 Agustus 2022 di Departemen Ekonomika dan Bisnis SV UGM dengan hasil sertifikasi 3 orang dinyatakan lulus CGAA- Pemerintah Pusat yakni Farhan Luqmanul Hakim, Hafida Roychana, dan RR. Resqiana Sitaresmi serta 1 orang lulus CGAA- Pemerintah daerah yakni Halimah Syahidyah Elok Sulistyanti.  Peserta ujian yang dinyatakan lulus ini berhak menyandang sebutan CGAA setelah mereka memiliki pengalaman kerja minimal 2 tahun di bidang ilmu yang relevan.

 

Sumber: Dosen DEB SV UGM

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*