Astra Daihatsu Motor Adakan Executive Sharing dalam Rangka Pembekalan Wisuda Periode I 2022

Pada hari Jumat (18/11) bertempat di Ballroom lantai 2 TILC Sekolah Vokasi UGM, diselenggarakan Executive Sharing bersama PT Astra Daihatsu Motor dalam rangka pembekalan Calon Wisudawan Periode I Bulan November 2022. Pada periode I Wisuda ini, Sekolah Vokasi meluluskan 179 mahasiswa dari prodi D3 dan D4. Pembekalan Calon Wisudawan ini diadakan secara hybrid. Terdapat kurang lebih 100 calon wisudawan yang hadir secara luring. Sebagian calon wisudawan adalah mahasiswa dari jenjang Alih Program yang sudah bekerja sebelum lulus sehingga hadir secara daring melalui tautan zoom meeting. 

Acara dibuka dengan sambutan dari Dekan Sekolah Vokasi, Dr.-Ing. Ir. Agus Maryono. Dalam sambutannya, Dekan Sekolah Vokasi bangga lulusan Sekolah Vokasi cepat terserap di dunia kerja. Data dari tiga tahun terakhir menunjukkan alumni memiliki rata-rata masa tunggu empat bulan. Data dari Tracer Study 2021, lebih dari 80% alumni telah sesuai dengan lima kriteria IKU 1 terkait keterserapan lulusan. Oleh karena itu, kepada para calon wisudawan, Dekan Sekolah Vokasi memberikan motivasi dan optimismenya akan keterserapan mereka di dunia kerja. 

Acara dilanjutkan dengan penyerahan donasi engine 2NR 1.5 All New Xenia dari PT Astra Daihatsu Motor kepada Departemen Teknik Mesin Sekolah Vokasi UGM yang diserahkan secara simbolis oleh Wakil Presiden PT Astra Daihatsu Motor, Ir. Erlan Krisnaring C., kepada Dekan Sekolah Vokasi UGM didampingi oleh Plant Division Head PT Astra Daihatsu Motor, RB. Hari Widagdo, S.T., Wakil Dekan Bidang Kerjasama dan Alumni, Dr. Endang Soelistiyowati, M.Pd., Ketua Departemen Teknik Mesin, Dr. Lilik Dwi Setyana, S.T., M.T., dan Ketua Prodi D 4 Teknik Pengelolaan dan Perawatan Alat Berat, Dr. Handoko, S.T., M.T.

Wakil Presiden Direktur PT Astra Daihatsu Motor dalam sambutannya menyampaikan rasa bahagianya dari dunia industri bisa hadir di Sekolah Vokasi untuk berbagi dan berkolaborasi berupa hibah 1 unit engine untuk tujuan pembelajaran di Sekolah Vokasi UGM. Selanjutnya agenda dilanjutkan dengan penyampaian materi Executive Sharing oleh  Wakil Presiden Direktur PT Astra Daihatsu Motor, Ir. Erlan Krisnaring C. dengan judul “Accelerate Excellent Resources: Through Strong Culture Toward Global Manufacturing”. 

Ir. Erlan Krisnaring C. memaparkan bahwa dunia industri saat ini memiliki siklus yang membutuhkan adanya integrasi dan kolaborasi untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen. Menurutnya, hal tersebut dapat diimplementasikan melalui digitalisasi, otomatisasi, serta peningkatan proses dan produk. Selain itu, ia juga menyampaikan tiga keahlian penting saat ini yaitu kompetensi teknis, kepemimpinan, serta kultur untuk mengambil keputusan dan tindakan dengan tepat melalui integritas, komitmen, akuntabilitas, rasa hormat, serta inovasi unggul.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Plant Division Head PT Astra Daihatsu Motor, RB. Hari Widagdo, S.T. Dalam kesempatan ini, beliau menyampaikan informasi mengenai tantangan pekerjaan di masa depan yaitu digitalisasi dan teknologi, pekerjaan secara bauran, serta kesadaran perubahan iklim yang ketiganya menjadi poin penting dalam berjalannya perusahaan dan peluncuran suatu produk. Selain itu, beliau juga menyampaikan nilai penting dalam dunia industri yaitu disiplin, integritas, temukan yang terbaik, dan bangun kepercayaan. 

 

Penulis: Humas SV

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*