Sekolah Vokasi UGM Gelar Pelatihan MC dan Protokoler

Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada (SV UGM) kembali menggelar pelatihan untuk segenap tenaga kependidikannya. Kali ini, kegiatan yang digelar di Ballroom Teaching Industry Learning Center pada Rabu (7/12) tersebut bertujuan untuk meningkatkan keahlian di bidang Master of Ceremony (MC) dan protokoler.

Pelatihan ini dilakukan karena MC dan protokoler merupakan bagian penting yang perlu diperhatikan oleh setiap lembaga dan instansi karena keberadaannya dibutuhkan di berbagai acara resmi. Hal ini juga sejalan dengan berbagai kegiatan resmi di lingkungan SV UGM yang terus meningkat seiring berjalannya waktu.

Dalam pelatihan ini, SV UGM mengundang Bapak Haryanto, S.E., M.M. selaku Kepala Subbagian Layanan Keprotokolan Bagian Humas dan Protokol UGM sebagai pemateri protokoler dan Bapak Riandhika Adityawan, A.Md yang sudah malang melintang di berbagai acara resmi di UGM sebagai pemateri MC.

Bapak Haryanto, S.E., M.M. saat menaympaikan materi keprotokolan.

Pada penyampaian materi mengenai keprotokolan, Bapak Haryanto, S.E., M.M menyampaikan informasi mengenai tata tempat, tata upacara dan tata penghormatan dalam keprotokolan. Beliau mendemonstrasikan susunan yang baik dan benar terkait penempatan bendera serta penataan tempat duduk tamu undangan sesuai jabatan dan kedudukan, dan urutan sapaan serta sambutan dalam suatu acara protokoler. Selain itu, disampaikan juga berbagai etiket yang perlu diperhatikan protokoler seperti terkait persiapan acara, penyambutan tamu penting, dan pengkondisian dalam hal perubahan acara yang penting untuk diperhatikan.

Bapak Riandhika Adityawan, A.Md saat menyampaikan materi mengenai MC.

Sementara itu pada sesi materi mengenai MC, Bapak Riandhika Adityawan, A.Md menyampaikan berbagai hal penting yang perlu diperhatikan dalam memandu acara di antaranya prioritas penyebutan tamu undangan, cara membaca gelar, serta penggunaan intonasi dan tempo bicara. Tak hanya itu, disampaikan juga beberapa tips dan kunci utama yang harus dipenuhi oleh seorang MC supaya mampu memandu acara dengan baik.

Melalui kegiatan pelatihan ini, tenaga kependidikan di lingkungan SV UGM diharapkan mampu meningkatkan wawasan dan keterampilan sebagai bekal dalam melaksanakan berbagai kegiatan resmi yang akan dilakukan di unit kerja yang ada di Sekolah Vokasi UGM. 

Penulis: Rafi Muflih Rabbani

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*