Prodi Pengelolaan Hutan Jalin Kerjasama dengan Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia (APHI)

Yogyakarta (9/1) – Kerjasama antara dunia pendidikan dan dunia kerja bidang kehutanan sangat diperlukan untuk menjamin implementasi tri-dharma perguruan tinggi yang berkualitas. Sejalan dengan hal tersebut, program studi Sarjana Terapan Pengelolaan Hutan (STr-PH) Sekolah Vokasi UGM menginisiasi kesepakatan kerjasama (MoU) dengan Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia (APHI) yang dilaksanakan pada hari Senin, 9 Januari 2023. Acara penandatanganan ini dihadiri oleh Dekan Sekolah Vokasi, Sekretaris Jenderal APHI, Ketua program Studi, dan Dosen di prodi STr-PH. Prasetyo Nugroho, Ph.D., selaku ketua prodi menyampaikan bahwa penandatanganan MoU ini adalah wujud komitmen kuat prodi untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan melibatkan dunia kerja bidang kehutanan dalam peningkatan kualitas pembelajaran di kampus. 

Ruang lingkup MoU berfokus pada kerjasama bidang pendidikan, penelitian, pengembangan inovasi dan teknologi, pengembangan sumber daya manusia, dan pengabdian kepada masyarakat. Dalam sambutannya, Dekan Sekolah Vokasi UGM, Dr.-Ing. Ir. Agus Maryono, menyampaikan misi Sekolah Vokasi UGM untuk meningkatkan link and match antara kampus dan dunia kerja yang diwujudkan dalam berbagai skema diantaranya kegiatan magang mahasiswa, dosen praktisi, penelitian bersama, dll.

Sejalan dengan hal tersebut, Sekretaris Jenderal APHI Ir. Purwadi Soeprihanto, S.Hut.,M.E. menjelaskan bahwa SDM di industri Kehutanan sangat siap untuk dapat berbagi dan berkontribusi kepada kampus. Lebih lanjut, hilirisasi dan pengembangan multi usaha kehutanan sebagai optimalisasi nilai tambah sektor kehutanan selain kayu sangat potensial untuk dikembangkan bersama dengan sivitas Sekolah Vokasi UGM. Prodi STr-PH dinilai juga dapat berkontribusi dalam meningkatkan kemampuan lulusan dalam melaksanakan pendekatan sosial dan resolusi konflik yang juga menjadi tantangan terbesar dalam pengelolaan kawasan hutan saat ini. Akhirnya, Prodi STr-PH dan APHI sepakat bahwa MoU ini menjadi “pintu masuk” yang akan ditindaklanjuti dengan kegiatan-kegiatan konkrit yang saling menguntungkan.

Penulis: Prasetyo Nugroho, Ph.D.

Editor & Dokumentasi : Humas SV UGM

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*