Kontribusi Sekolah Vokasi bagi pembangunan Ibu Kota Negara

Dekan Sekolah Vokasi UGM, Dr.-Ing.Ir. Agus Maryono, Wakil Dekan Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Dr. Wiryanta, S.T., M.T., beserta Ketua Departemen Teknologi Kebumian, Dr. Taufik Hery Purwanto, S.Si., M.Si., dosen dan sejumlah Pimpinan UGM yang lain mendampingi Rektor UGM, Prof.dr. Ova Emilia mengunjungi kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) yang terletak di Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur pada hari Minggu, 5 Maret 2023. Rombongan diterima oleh Bupati PPU, Hamdam Pongrewa, Ketua KAGAMA Pengda Kaltim, Didiek Anggrat, Ketua KAGAMA Pengcab Balikpapan, Yuniar Surindrasworo dan Anggota KAGAMA Balikpapan dan Samarinda. 

Bupati PPU menyampaikan bahwa Rektor UGM beserta staf jajarannya dan kawan-kawan KAGAMA tak sekadar berkunjung, melainkan membawa misi untuk menyukseskan pemindahan ibu kota. Hal ini dibuktikan dengan telah direalisasikannya MoU antara UGM dan Pemkab PPU.

 Selain itu, sebelum kunjungan tersebut, telah dilakukan beberapa kegiatan kerjasama khususnya antara Sekolah Vokasi UGM dan Kabupaten PPU, antara lain Pelatihan Drone bersertifikat untuk Pemetaan bagi staf Pemerintah Daerah PPU yang diselenggarakan mulai tanggal 1-5 Maret 2023. Pelatihan ini diselenggarakan dengan bekerjasama dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Penajam Paser Utara. Pelatihan diisi oleh trainer dari Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara(DKPPU) Kementerian Perhubungan dan Departemen Teknologi Kebumian Sekolah Vokasi UGM bagi 20 orang dari pemerintah daerah Penajam Paser Utara seperti DPU, Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan tata ruang, dan  BPBD.  Dengan dilaksanakannya pelatihan ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan dalam pengoperasian drone dengan mengikuti regulasi yang ditetapkan pemerintah. 

Selain itu, KAGAMA Kaltim bekerjasama dengan BPVP Samarinda telah memberikan edukasi kepada masyarakat di Kelurahan Sepaku tentang Pembuatan Gama Rain Filter atau alat pemanen hujan yang dapat membuat air hujan bisa dimanfaatkan menjadi air bersih bahkan air minum. Alat ini diciptakan oleh Pakar Hidrologi dari Departemen Teknik Sipil Sekolah Vokasi UGM sekaligus Dekan Sekolah Vokasi UGM, Dr.-Ing.Ir. Agus Maryono. 

Pelatihan-pelatihan yang telah diselenggarakan oleh Sekolah Vokasi UGM bekerja sama dengan KAGAMA dan mitra industri ini merupakan bukti nyata sinergi dan kontribusi Sekolah Vokasi UGM dalam mengedukasi pelajar, pemuda, angkatan kerja dan masyarakat dalam mempersiapkan dan menyukseskan pembangunan IKN. 

Agus Maryono menambahkan bahwa di waktu mendatang, akan ada lebih banyak pelatihan vokasional dari Sekolah Vokasi UGM yang diselenggarakan, antara lain pelatihan bahasa asing, kepariwisataan, pemanfaatan IT, Manufaktur, Alat berat, konstruksi Bangunan, K3, Ekonomi terapan, pemetaan, dan lain lain. Selain itu sinergi dan kerjasama antara SV UGM dan mitra industri, pemda, pemerintah pusat, KAGAMA, dan perguruan tinggi di Kalimantan akan terus dijalin dan ditingkatkan

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*