Mahasiswa Sarjana Terapan Bahasa Inggris SV UGM selenggarakan Sharing Session di SMK N 7 Yogyakarta.

Rabu, 15 Maret 2023 – 6 Mahasiswa Program Studi Sarjana Bahasa Inggris SV UGM telah menyelenggarakan kegiatan Sharing Session dengan tajuk “We Love School #5: Persuasive and Informative Sharing Session” di SMK Negeri 7 Yogyakarta. Kegiatan ini diadakan untuk memenuhi salah satu  tugas mata kuliah Event Management yang diampu oleh Dr. Dewi Cahya Ambarwati, S.I.P., M.A. pada perkuliahan semester genap tahun 2022/2023. Kegiatan We Love School #5: Persuasive and Informative Sharing Session ini menghadirkan pembicara yang merupakan seorang author dari beberapa buku komunikasi, desainer media pengajaran, koordinator akademik, manajer operasional lembaga pendidikan, sekaligus merupakan dosen praktisi Sekolah Vokasi UGM yaitu Mr. Vincentius Tangguh Atyanto Nugroho, S.Pd. M.Hum. 

Pada pelaksanaannya, kegiatan ini diadakan selama kurang lebih 2 jam dari pukul 15.00 hingga 17.00, diawali dengan pembukaan MC oleh Puteri Felisha Shahnaz, dilanjutkan sambutan ketua pelaksana oleh Joance Elia Astdyca, dan kemudian pengenalan Program Studi Sarjana Terapan Bahasa Inggris secara singkat oleh Karel Edward Mahendra. Setelah pembukaan serta pengenalan singkat mengenai program studi, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi utama oleh Mr. Vincentius Tangguh Atyanto Nugroho, S.Pd. M.Hum. yang membahas mengenai tata cara perkenalan dan inti dari Public Speaking kepada siswa-siswi SMK Negeri 7 Yogyakarta. 

Yang menarik dari kegiatan ini, ketika penyampaian materi Mr. Vincent sebagai pembicara tidak hanya sekadar menyampaikan materinya, namun juga sekaligus menyelenggarakan semacam praktik sederhana dengan  memberikan kesempatan bagi para siswa untuk mempraktikkan apa yang telah disampaikan secara langsung. Para peserta yang terdiri dari anggota English Club SMK Negeri 7 Yogyakarta, mempraktikkan tata cara dan dasar perkenalan serta  Public Speaking menggunakan Bahasa Inggris dengan arahan dari Mr. Vincent. Hal ini selaras dengan pembelajaran yang dilakukan oleh Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada yang berbasis pendidikan vokasi. 

Setelah penyampaian materi, sebagai penutup acara diadakan sesi games “smashed the words” serta pemberian hadiah kepada seluruh peserta dan pemenang. Acara ditutup  dengan pemberian souvenir & kenang-kenangan kepada perwakilan pihak SMK Negeri 7 Yogyakarta, Ibu Diana Sukartiningsih, S.Pd. sebagai tanda terima kasih atas partisipasi serta dukungan dalam pelaksanaan kegiatan ini. Miss Aurelia Debri Setiawati, selaku pembina ekstrakurikuler English Club SMK Negeri 7 Yogyakarta menyampaikan  kesannya terkait pelaksanaan kegiatan ini “Acara ini menurut saya bagus sekali untuk meningkatkan self confidence pada siswa,  harapannya semoga untuk acara selanjutnya dapat terlaksana dengan baik dan lancar, dan sukses lagi untuk kedepannya.” 

-Penulis: Khairunnisa 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*