DLIKES Kembali Selenggarakan “Gebyar Rekam Medis 2023”

Pada tahun 2023 ini, Departemen Layanan dan Informasi Kesehatan (KMD LIKES) bersama dengan Medical Record Family (MRF) Sekolah Vokasi UGM kembali menyelenggarakan Gebyar Rekam Medis 2023. Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang secara berkala dilaksanakan oleh Departemen Layanan dan Informasi Kesehatan (KMD LIKES). Kegiatan ini memiliki 2 jenis kegiatan, yaitu Olimpiade Rekam Medis Indonesia (ORI) dan Seminar Rekam Medis Nasional Gadjah Mada (SERENADA). Untuk ORI telah dilaksanakan sejak tahun 2012 sedangkan SERENADA mulai dilaksanakan sejak tahun 2012. 

Setelah 3 tahun dilaksanakan secara online karena pandemi COVID-19, kegiatan Olimpiade Rekam Medis Indonesia (ORI) tahun ini dilaksanakan secara hybrid,  yaitu online untuk babak penyisihan dan offline untuk babak final  pada hari Sabtu hingga Minggu (20-21/05) di Gedung Teaching Industry Learning Center (TILC) Sekolah Vokasi UGM. Olimpiade ini terdiri atas 5 cabang lomba diantaranya Medical Record Brain Competition (MR.BC), Medical Record Coding Competition (MR.CC), Medical Record Design Interface Competition (MR.DIC) dengan tema “M-Health for Chronic Disease”, Medical Record Poster Competition (MR.PC) dengan tema “Edukasi Penggunaan Teknologi Informasi kepada Masyarakat untuk Mempermudah Proses Registrasi pada Fasilitas Pelayanan Kesehatan”, dan Medical Record Speech Competition (MR.SC) dengan tema “Health Information Management Professional and Implementation of Electronic Medical Records”. Adapun peserta yang berpartisipasi dalam ORI ini yaitu sebanyak 274 peserta dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia. 

Berbeda dengan kegiatan Olimpiade Rekam Medis Indonesia (ORI), kegiatan Seminar Rekam Medis Nasional Gadjah Mada (SERENADA) tahun ini dilaksanakan secara online pada hari Minggu (28/05) melalui Zoom Meeting. Kegiatan ini mengusung tema “Standarisasi RME dalam Mendukung Satu Data Kesehatan Indonesia” dengan 3 sub-tema yang dipaparkan oleh 3 pemateri yang hadir sesuai dengan kualifikasi dan keahlian pemateri yaitu “Penerapan SNOMED-CT sebagai Standar Istilah Klinis pada Rekam Medis Elektronik” oleh dr. Agus Mutamakin, M. Sc. dari Health Information System Governance Specialist, CHISU USAID, “Penerapan HL7 FHIR sebagai Standar Pertukaran Data Kesehatan” oleh Suryo Nugroho Markus, S.E, M.P.H. selaku  Kepala Bidang Teknologi Informasi & Humas DPP PORMIKI, dan “Best Practice – Pengalaman Transisi Rekam Medis Konvensional Menjadi Rekam Medis Elektronik Sesuai dengan Regulasi Terkini” oleh Hasan Sadikin, A.Md.Perkes., S.ST., M.K.M. dari Tim RME RSCM & Kemenkes dan Ketua DPD PORMIKI DKI Jakarta. Kegiatan ini diikuti oleh 268 peserta.

Rangkaian kegiatan Gebyar Rekam Medis ini akan terus berlanjut dan diadakan secara berkala oleh Departemen Layanan dan Informasi Kesehatan (KMD LIKES) dengan menjalin  kolaborasi dengan pemateri maupun peserta dan dengan konsep yang inovatif.

Penulis : Dhea Chornelia Pretty Yashinta

Editor : HUMAS SV UGM