Focus Group Discussion (FGD) Pengelolaan Learning Center (LC) 

Pada hari Kamis (22/06) diselenggarakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Pengelolaan Learning Center (LC) di  Ballroom Teaching Industry Learning Center (TILC) Lantai 2 Sekolah Vokasi UGM. Kegiatan ini dihadiri oleh Rektor dan Wakil Rektor, seluruh Dekan dari semua fakultas dan sekolah di UGM, Implementation Project Management (IPM), Pengelola Learning Center Institut Teknologi Bandung (ITB), Project Implementation Unit (PIU), Direktorat Pengembangan Usaha dan Inkubasi, Direktorat Penelitian, Direktorat Aset, Direktorat Sumber Daya Manusia, Direktorat Keuangan, Koordinator Learning Center (LC), dan Anggota Learning Center (LC). 

Project Implementation Unit (PIU) UGM merupakan proyek yang didanai JICA LOAN IP-576 berakhir pada Agustus 2023, untuk itu UGM sebagai World Class University with Socio-Entrepreneurship Spirit memiliki komitmen untuk menjadi universitas berkelas dunia yang mengintegrasikan penelitian, akademik dengan permintaan industri yang berpijak pada semangat yang mengedepankan inovasi unggulan dalam proses tridharma untuk menghasilkan produk akademik berdaya saing unggul dengan menghadirkan Learning Center (LC). Learning Center (LC) di UGM merupakan pusat pembelajaran yang mencakup kegiatan pendidikan multidisiplin, penelitian dan hilirisasi serta pengabdian kepada masyarakat.  Adapun Learning Center (LC) Loan JICA IP-576 Universitas Gadjah Mada yaitu Law Learning Center (LLC) Fakultas Hukum, Agrotropica Learning Center (AGLC) Fakultas Pertanian, Integrated Forest Farming Learning Center (IFFLC) Fakultas Kehutanan, Animal Science Learning Center (ASLC) Fakultas Peternakan, Advanced Pharmaceutical Science Learning Center (APSLC) Fakultas Farmasi, Dental Learning Center (DLC) Fakultas Kedokteran Gigi, Teaching Industry Learning Center (TILC) Sekolah Vokasi, Field Research Center (FRC) Sekolah Vokasi, Smart and Green Learning Center (SGLC) Fakultas Teknik, dan Engineering Research and Innovation Center (ERIC) Fakultas Teknik. 

Adapun tujuan dari Focus Group Discussion Learning Center (LC) kali ini yaitu untuk mendiskusikan dan menjaring masukan dari pemangku kepentingan mengenai pengelolaan Learning Center (LC) di UGM sehingga diharapkan dapat merumuskan tata kelola laboratorium yang dapat menjadi pijakan dalam pengelolaan Learning Center (LC) di UGM. Kegiatan ini diawali dengan sambutan dari Prof. dr. Ova Emilia, M.Med., Ed., Sp.OG (K), Ph.D. selaku Rektor UGM yang menyampaikan bahwa “Learning Center di UGM adalah milik bersama sehingga tanggung jawab di dalam manajemen itu tidak hanya dilakukan secara personal, bisa dilakukan dengan beberapa pihak yang lainnya yang pasti akan ikut memberikan kontribusi dan berpartisipasi dalam manajemen tersebut”. Dilanjutkan dengan sambutan dari Arief Setiawan Budi Nugroho, S.T, M.Eng., Ph.D. selaku Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Aset, dan Sistem Informasi yang menyampaikan “Concern-nya adalah bagaimana tata kelola penggunaan infrastruktur bangunan gedung yang ada di UGM bisa diintegrasikan, tidak menjadi suatu aset yang tata kelolanya secara parsial di masing-masing unit kerja baik itu fakultas, sekolah, maupun unit lainnya”. Kemudian dilanjutkan dengan paparan pengelolaan Learning Center (ITB) oleh Budi Hasiholan, S.T, M.Eng., Ph.D., paparan pengelolaan Engineering Research and Innovation Center (ERIC) oleh Wakil Dekan Fakultas Teknik, paparan pengelolaan Advanced Pharmaceutical Science Learning Center (APSLC) oleh Wakil Dekan Fakultas Farmasi, paparan pengelolaan Law Learning Center (LLC) oleh Wakil Dekan Fakultas Hukum, paparan Project Implementation Unit (PIU) oleh Ir. Hotma Prawoto Sulistyadi, M.T., IP.Md., paparan Learning Center (LC) UGM oleh Prof. Dr. Abdul Rohman, S.F., M.Si., Apt., paparan Gain Sharing (IPM) oleh Dr. Maharani Hapsari, S.IP., M.A. (IPM), paparan Sistem Informasi Marketplace Laboratorium oleh Arif Nurwidyantoro, S.Kom., M.Cs., Ph.D, dan dilanjutkan dengan diskusi serta perumusan Focus Group Discussion (FGD).

Penulis : Dhea Chornelia Pretty Yashinta

Editor : Humas SV UGM