UGM Sales Competition Sukses Menjaring Sales Berbakat untuk the 4th SEASAC 2023 Mendatang

Yogyakarta, Juli 2023 – Pada tanggal 7 sampai 9 Juli 2023, Universitas Gadjah Mada (UGM) dengan sukses menyelenggarakan The 1st UGM Sales Competition 2023. Acara yang dinaungi oleh organisasi Penalaran Center Community (PCC) ini berhasil menjadi penjaring sales terbaik yang akan mewakili UGM pada ajang 4th Southeast Asia Sales Competition (SEASAC) 2023 yang akan diselenggarakan pada September dan Oktober 2023.

UGM Sales Competition Sukses Menjaring Sales Berbakat untuk the 4th SEASAC 2023 Mendatang
UGM Sales Competition Sukses Menjaring Sales Berbakat
untuk the 4th SEASAC 2023 Mendatang

UGM Sales Competition 2023 merupakan perlombaan sales B2B tahunan yang baru pertama kali digelar di UGM. Pada tahun yang sama, UGM akan berkesempatan menjadi tuan rumah 4th SEASAC untuk pertama kalinya. Acara tersebut dihadiri oleh para Judges dan Acting Buyers dari beberapa institusi terkemuka di Indonesia dan Filipina yang berperan sebagai juri dan pembeli dalam kompetisi ini.

Perlombaan ini dilaksanakan dalam tiga babak. Babak penyisihan dan semifinal diselenggarakan secara daring pada tanggal 7 dan 8 Juli 2023, dengan pendaftar 19 mahasiswa dari tiga fakultas yang berbeda: Ekonomika dan Bisnis, Peternakan, dan Sekolah Vokasi. Sejumlah enam finalis kemudian menunjukkan kemampuan negosiasi mereka pada babak final secara luring di Ballroom Teaching Industry Learning Center (TILC) pada Minggu, 9 Juli 2023.

Babak penyisihan dan semifinal diselenggarakan secara daring pada tanggal 7 dan 8 Juli 2023
Babak penyisihan dan semifinal diselenggarakan secara daring pada tanggal 7 dan 8 Juli 2023

UGM Sales Competition terbuka untuk seluruh mahasiswa UGM dan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengasah keterampilan penjualan B2B mereka. Gamafood menjadi usaha yang dijadikan studi kasus pada The 1st UGM Sales Competition 2023. Dalam acara tersebut, peserta dinilai berdasarkan kemampuan mereka dalam berkomunikasi, negosiasi, dan presentasi produk. Para pemenang The 1st UGM Sales Competition akan menjadi wakil UGM dalam SEASAC dan akan bersaing dengan peserta dari sejumlah universitas lain di tingkat internasional.

Kompetisi ini dimenangkan oleh Renessa Nurfadillah dari Fakultas Ekonomi Bisnis, diikuti oleh Aninda Abyan Fahar dan Rafi Naufal Arsalan dari Sekolah Vokasi sebagai pemenang kedua dan ketiga. Aiko Kurniadi Akbar, Afiffudin Baliya, dan Putra Munawir Asyari dari Peternakan dan Sekolah Vokasi kemudian menyusul di posisi keempat, kelima, dan keenam. Selamat!

Penulis: Alfelia Nugky Permatasari