Workshop Peningkatan Kualitas Laman English & Media Monitoring di Lingkungan SV UGM 2023

Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada mengadakan Workshop Peningkatan Kualitas Laman English & Media Monitoring di Lingkungan SV UGM 2023 pada Selasa (08/08), bertempat di ballroom lantai 2 gedung Teaching Industry Learning Center (TILC) SV UGM. Acara ini diadakan dalam rangka mendukung upaya internasionalisasi Sekolah Vokasi UGM dalam bentuk  peningkatan kualitas laman berbahasa Inggris, penyusunan rilis berita baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris, dan kegiatan monitoring media sosial . Acara ini berlangsung dari jam 08.30-16.00 WIB dan terbagi  menjadi 2 sesi. Sesi pertama dimulai dari jam 08.30-12.00 dan sesi kedua di jam 13.00-16.00.

Dr.-Ing. Ir. Agus Maryono
Dr.-Ing. Ir. Agus Maryono Dekan Sekolah Vokasi UGM

Pada acara ini turut hadir pimpinan sekolah Vokasi UGM beserta jajarannya, perwakilan manajer unit departemen terkait bidang kehumasan, perwakilan staf admin/penanggung jawab Laman/Website, staf admin/penanggung jawab Sosial Media dan/atau rilis berita di lingkungan Unit Kerja KPTU serta Departemen dan Prodi SV UGM.

Dalam sambutannya, Dr.-Ing. Ir. Agus Maryono selaku Dekan Sekolah Vokasi UGM menyampaikan a bahwa acara workshop ini merupakan acara yang luar biasa untuk meningkatkan informasi terkait prodi, departemen dan Sekolah Vokasi UGM ke dunia internasional. Walaupun laman dan media sosial di lingkungan Sekolah Vokasi UGM sudah sangat berkembang dan bisa dibilang sudah “naik kelas”, namun semangat untuk tetap mengembangkan diri harus terus kita jaga. .

Ini merupakan acara yang luar biasa untuk kita naik kelas, yaitu membuat sosial media dan website kita menjadi luar biasa. Tantangan kita yaitu membuat Universitas Gadjah Mada menjadi international university,” ucap Dekan Sekolah Vokasi UGM.

Dr. Endang Soelistiyowati, S.Pd., M.Pd
Dr. Endang Soelistiyowati, S.Pd., M.Pd. Wakil Dekan Bidang Kerja Sama dan Alumni SV UGM

Setelah sambutan, sesi pertama pada acara ini adalah pemaparan materi tentang penulisan rilis berita oleh Dr. Endang Soelistiyowati, S.Pd., M.Pd. selaku Wakil Dekan Bidang Kerja Sama dan Alumni SV UGM dan Ibu Erlin Estiana Yuanti, S.S., M.A. selaku Manajer Unit Humas & TIK SV UGM. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan paparan materi tentang Peningkatan Kualitas Laman English dilanjutkan oleh Eko Paris Besteriyana Yulianto, S.Kom selaku Staf Teknisi Perancang Sistem Informasi Bagian Humas dan Protokol UGM.

Eko Paris Besteriyana Yulianto, S.Kom
Eko Paris Besteriyana Yulianto, S.Kom selaku Staf Teknisi Perancang Sistem Informasi Bagian Humas dan Protokol UGM.

Sesi kedua pada acara ini adalah pemaparan materi tentang Media Monitoring yang disampaikan oleh Eko Paris Besteriyana Yulianto, S.Kom. Selain pemaparan, sesi kedua ini juga banyak memberikan contoh-contoh agar mudah diikuti oleh semua peserta workshop. Setelah sesi  pemaparan, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh pemateri dan peserta. Acara ini mendapat antusiasme yang tinggi dari peserta workshop yang terlihat  dengan banyaknya peserta workshop yang aktif berdiskusi dan bertanya pada kedua sesi.

Penulis: Shafira Ramadhina Putri

Editor: HUMAS SV UGM