Pelepasan dan Pra-Keberangkatan Mahasiswa Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) dan Outgoing Exchange Regular UGM 2023

Yogyakarta, 31 Agustus 2023 – Dalam upaya mendukung Kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, perguruan tinggi di Indonesia diberikan dorongan untuk memperluas program Mobilitas Internasional Mahasiswa Indonesia. Universitas Gadjah Mada (UGM) mengirimkan sebanyak 168 mahasiswa dalam program Indonesian International Mobility Awards (IISMA) ke berbagai universitas di luar negeri pada tahun 2023.

Sesi Pelepasan dan Pra-Keberangkatan Mahasiswa Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) dan Outgoing Exchange Regular UGM 2023
Sesi Pelepasan dan Pra-Keberangkatan Mahasiswa Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) dan Outgoing Exchange Regular UGM 2023

Program IISMA ini menawarkan kesempatan bagi mahasiswa UGM untuk meraih pengalaman belajar yang berharga di lingkungan akademik internasional. UGM memberikan platform bagi para mahasiswa untuk mengembangkan pemahaman lintas budaya, keterampilan akademik, dan jaringan global yang luas.

Dalam rangka memberikan persiapan yang optimal bagi mahasiswa yang akan mengikuti program-program ini, UGM menyelenggarakan sesi pelepasan dan pra-keberangkatan yang dilaksanakan secara daring pada hari Kamis, 31 Agustus 202, mulai pukul 09.00 – 11.00 WIB.

Acara ini, dengan tema “Sesi Pelepasan dan Pra-Keberangkatan Mahasiswa Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) dan Outgoing Exchange Regular UGM 2023,” memberikan informasi penting seputar persiapan, panduan, dan harapan dari universitas untuk para mahasiswa yang akan menjalani pengalaman berharga ini.

Alfatika Aunuriella Dini, S.H., M.Kn., Ph.D.,Kepala Sub Direktorat Kerjasama Internasional, Universitas Gadjah Mada, memberikan pesan dan harapan kepada para mahasiswa untuk bersikap baik dan beretika sopan ketika di negara dan universitas tujuan masing-masing. Selain itu, beliau juga berpesan agar para mahasiswa menjadi seperti spons kering yang mampu menyerap air yang banyak di mana mahasiswa diharapkan mampu menyerap budaya baik ketika di sana yang bisa diterapkan untuk kemajuan Indonesia.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan penyampaian pesan dan kesan perwakilan mahasiswa yang akan menjalankan program exchange oleh Schalke Anindya Putri (Mahasiswa Program Sarjana Internasional (IUP) Ilmu Ekonomi UGM – IISMA 2023 – University of Glasgow, United Kingdom)  dan Wahyu Nur Sidiq (Mahasiswa Sekolah Vokasi – D4 Akuntansi Publik – Regular Exchange ke Jeonbuk National University, Korea Selatan dg Beasiswa GKS). Mereka menceritakan tentang persiapan mereka terkait keberangkatan ke negera tujuan mulai dari persiapan dokumen, persiapan kegiatan di sana, dan persiapan diri. 

Acara inti pada kegiatan kali ini merupakan pemaparan materi yang terbagi menjadi 2 (dua) sesi. Sesi yang pertama merupakan pemaparan materi tentang “Persiapan Akademik dan Psikologis Studi di Luar Negeri” oleh Galang Lufityanto, M.Psi, Ph.D., Psikolog (Dosen dan Wakil Dekan bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Fakultas Psikologi UGM). Lalu, sesi yang kedua merupakan pemaparan materi tentang “Pembekalan Persiapan Keberangkatan ke Luar Negeri” oleh Muhammad Faiz Krisnadi (Education Consultant, IDP Education Yogyakarta).

Kegiatan ini berlangsung dengan lancar dan mendapat antusiasme yang tinggi dari para tamu undangan dibuktikan dengan banyaknya tamu undangan yang bertanya dan berperan aktif dalam acara Pra-Keberangkatan Mahasiswa IISMA ini. Kemudian, acara ditutup dengan sesi tanya jawab dan quiz.

Penulis 

Rayhan Ajie Wicaksono

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*