Diskusi Interaktif dan Peluncuran Program Penguatan Ekosistem Kemitraan untuk Pengembangan Inovasi Berbasis Potensi Daerah di DIY

Sekolah Vokasi UGM berkolaborasi dengan Fakultas Vokasi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan Akademi Negeri Seni dan Budaya (AKN) Yogyakarta sebagai Tim Konsorsium Program Ekosistem Kemitraan DIY menggelar acara Diskusi Interaktif dan Peluncuran Program Penguatan Ekosistem Kemitraan untuk Pengembangan Inovasi Berbasis Potensi Daerah di Daerah Istimewa Yogyakarta pada Rabu (20/09) di gedung Teaching Industry Learning Center (TILC) Sekolah Vokasi UGM. Acara yang mengundang beberapa lembaga pendidikan vokasi baik PTV, SMK, dan lembaga pelatihan, Dunia Usaha dan Dunia Industri, dan pemerintah daerah ini bertujuan untuk menciptakan lulusan vokasi yang siap berkontribusi di industri lokal. Melalui program ini, diharapkan akan tercipta sinergi yang kuat antara kebutuhan tenaga kerja industri dan kurikulum pendidikan vokasi.

pemukulan Gong sebagai peluncuran ekosistem kemitraan
pemukulan Gong sebagai peluncuran ekosistem kemitraan

Acara ini dibuka dengan sambutan   oleh Dr. Wiryanta, S.T., M.T. selaku Ketua Konsorsium PTV pengampu ekosistem kemitraan DIY sekaligus Wakil Dekan Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat SV UGM, Bapak Uuf Brajawidagda, S.T., M.T., Ph.D. selaku Plt. Direktur Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, dan Drs. Tri Saktiyana, M.Si. selaku Plt. Kepala Bappeda DIY. 

Dalam sambutannya, Dr. Wiryanta, S.T., M.T. selaku Ketua Konsorsium  PTV pengampu ekosistem kemitraan DIY sekaligus Wakil Dekan Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat 

menyampaikan  bahwa kerjasama vokasional akan terbentuk jika saling bekerjasama.

“Kerjasama vokasional itu akan terbentuk jika ekosistemnya bekerjasama dan saling mendukung,” ucap Dr. Wiryanta, S.T., M.T.

Uuf Brajawidagda, S.T., M.T., Ph.D.
Uuf Brajawidagda, S.T., M.T., Ph.D. selaku Plt. Direktur Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi

Selanjutnya, Bapak Uuf Brajawidagda, S.T., M.T., Ph.D. selaku Plt. Direktur Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi turut juga memberikan sambutan pada acara ini.

“Dengan acara ini kita bisa memulai dengan sinergi di antara kita. Saya juga berharap dengan acara ini memunculkan inovasi-inovasi terbaru dan relevan agar kita bisa membangun vokasi kita,” ucap Bapak Uuf Brajawidagda, S.T., M.T., Ph.D.

Setelah Bapak Uuf Brajawidagda, S.T., M.T., Ph.D. memberikan sambutan, Drs. Tri Saktiyana, M.Si. selaku Plt. Kepala Bappeda DIY juga memberikan sambutan.

“Saya yakin dengan adanya kerjasama ini dapat membangun vokasi lebih baik kedepannya,” ucap Bapak Uuf Brajawidagda, S.T., M.T., Ph.D.

diskusi interaktif dengan topik Permasalahan di Daerah, Trend, dan Daya Dukungny
diskusi interaktif dengan topik Permasalahan di Daerah, Trend, dan Daya Dukungny

Setelah sesi sambutan, acara dilanjutkan dengan pemukulan Gong sebagai peluncuran ekosistem kemitraan dan foto bersama. Acara selanjutnya yaitu sesi diskusi interaktif dengan topik Permasalahan di Daerah, Trend, dan Daya Dukungnya yang dipandu oleh Dr. Anggi Rahajeng, S.E., M.Ec. dan Bapak Yudistira Hendra Permana, S.E., M.Sc., Ph.D. Narasumber pada sesi diskusi interaktif ini antara lain adalah Robby Kusumaharta selaku Wakil Ketua Umum Bidang Organisasi dan Keanggotaan KADIN D.I.Y, Aria Nugrahadi, S.T., M.Eng. selaku Kepala Disnaker Provinsi D.I.Y dan Dr. Didik Wardaya, S.E., M.Pd. selaku Kepala Disdikpora Provinsi D.I.Y.

Setelah sesi diskusi interaktif selesai, acara ditutup dengan foto bersama bersama semua peserta.

Penulis: Shafira Ramadhina Putri

Editor: Humas SV UGM

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*