Kompetisi Kancah Internasional di Sekolah Vokasi UGM, The 4th SEASAC 2023 Berhasil Menjaring 6 Pemenang

Yogyakarta, 19 Oktober 2023 – Universitas Gadjah Mada menyelenggarakan babak semifinal the 4th Southeast Sales Competition 2023 (4th SEASAC 2023), pada hari Rabu dan Kamis, tanggal 18 dan 19 Oktober 2023, dengan jumlah peserta sebanyak 21 semifinalis dari 11 institusi pendidikan yang tersebar di beberapa negara ASEAN: Indonesia, Thailand dan Filipina. Para semifinalis ini merupakan hasil penjaringan dari 133 partisipan dari lima negara pada babak penyisihan dan perempat final yang telah diselenggarakan sebelumnya secara online pada bulan September.

SEASAC merupakan proyek perlombaan penjualan Business to Business  (B2B Sales) bergilir tahunan yang diinisiasi European Union (EU) dibawah Erasmus+ bersama dengan konsorsium dari beberapa perguruan tinggi di negara-negara ASEAN termasuk di dalamnya organisasi SEAMEO SEAMOLEC. Tujuan utama dari proyek ini adalah untuk memperkuat kapasitas universitas-universitas di Asia Tenggara untuk menyediakan tenaga profesional B2B Sales yang berketerampilan tinggi ke pasar internasional yang sedang berkembang. Dalam kompetisi ini para peserta melakukan role-play sebagai salesperson yang menunjukkan kemampuan komunikasi dan negosiasi mereka di depan acting buyer dan juri, dengan kasus terkait Business to Business (B2B).

Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada berkesempatan menjadi tuan rumah dalam the 4th SEASAC 2023. Selain diikuti oleh 133 partisipan, the 4th SEASAC 2023 juga diikuti oleh 90 Judges dan Acting Buyers professional dari 7 industri dan 34 institusi yang tersebar di 11 negara Asia-Eropa.

Babak semifinal the 4th SEASAC 2023 dilaksanakan secara onsite di Gedung Teaching Industry Learning Center (TILC), Sekolah Vokasi UGM. Perlombaan dibagi menjadi 3 ruang dengan setiap ruang terdapat 7 partisipan, 7 judges, dan 1 acting buyer. Setiap partisipan secara bergilir akan masuk ke ruangan untuk berkompetisi selama 20 menit. Acara ini terselenggara dengan dukungan industri dan institusi pendidikan, di antaranya adalah APRIL Group, PT. Artha Sumatera Abadi, BINUS University, dan Balai Besar Wilayah Sungai Serayu – Opak.

Pada babak semifinal di hari Rabu (18/10) para partisipan bersaing dengan ketat untuk meyakinkan acting buyer sehingga berhasil meloloskan 6 finalis, di antaranya Aprillia Ragil Windi Kartika, Gerald Jose Hendryanto, Nuzuly Fikri Haichal Hutagalung, Ranessa Nurfadillah, Sharon Harlinata Suherman, dan Tamara Gadmonia Young. Para finalis selanjutnya berkompetisi di babak final yang dilaksanakan pada Kamis, 19 Oktober 2023.

Penampilan para finalis dilanjutkan dengan pertunjukan tari Cendrawasih, yang dibawakan oleh UKM Unit Tari Bali UGM, dan sambutan oleh perwakilan dari PT. Artha Sumatera Abadi. Andrey Hidayat (Founder dan CEO Getwell Indonesia) dan Antonius Indro Prajoko (Sales Strategic Planning Manager PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk.) kemudian berbagi pengalaman riil mereka pada Seminar on Sales dengan tema “The Importance of Innovation and Digitalization in Supporting Business Sales in A Dynamic Market” yang dimoderatori oleh Fani Pramuditya, MBA, sekaligus Competition Director dari 4th SEASAC 2023.

The 4th SEASAC 2023 ditutup dengan pengumuman pemenang dari juara 1 hingga juara harapan 3. Tamara Gadmonia Young dari BINUS University, sebagai pemenang pertama, diikuti Ranessa Nurfadillah dari Universitas Gadjah Mada dan Gerald Jose Hendrayanto dari BINUS University, sebagai pemenang kedua dan ketiga. Selanjutnya Juara harapan 1, 2 dan 3 berturut-turut diraih oleh Aprillia Ragil Windi Kartika dari Universitas Internasional Semen Indonesia, Sharon Harlinata Suherman dari Universitas Katolik Parahyangan dan Nuzuly Fikri Haichal Hutagalung dari Politeknik Negeri Batam.

Salah satu sesi B2B sales
Salah satu sesi B2B sales

Sesi Seminar on Sales dengan tema “The Importance of Innovation and Digitalization in Supporting Business Sales in A Dynamic Market”
Sesi Seminar on Sales dengan tema “The Importance of Innovation and Digitalization in Supporting Business Sales in A Dynamic Market

Enam Pemenang the 4th SEASAC 2023 bersama Dr. Leo Indra Wardhana, S.E., M.Sc., CFP, Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Sekolah Vokasi UGM (kiri), Fani Pramuditya, S.E., M.B.A., Competition Director of the 4th SEASAC 2023, dan Dr. Wahyudi,  Direktur SEAMEO SEAMOLEC (kanan).
Enam Pemenang the 4th SEASAC 2023 bersama Dr. Leo Indra Wardhana, S.E., M.Sc., CFP, Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Sekolah Vokasi UGM (kiri), Fani Pramuditya, S.E., M.B.A., Competition Director of the 4th SEASAC 2023, dan Dr. Wahyudi,  Direktur SEAMEO SEAMOLEC (kanan).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*