Pembekalan Wisuda Periode I “Asses Your Skill and Plan Your Future”

Yogyakarta – Selasa (21/11) Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada kembali menyelenggarakan Pembekalan Wisuda Periode I November 2023 secara daring. Pada periode kali ini Sekolah Vokasi UGM meluluskan 313 mahasiswa/mahasiswi dari berbagai program studi. Dengan mengangkat tema Asses Your Skill and Plan Your Future, Sekolah Vokasi UGM juga menghadirkan pembicara menarik untuk memberikan insight baru yang diharapkan dapat bermanfaat untuk para calon wisudawan. 

Pembekalan kali ini dihadiri oleh Prof. Dr.-Ing. Ir. Agus Maryono IPM., ASEAN Eng, selaku Dekan Sekolah Vokasi UGM, Dr. Endang Soelistyowati, S. Pd., M.Pd., selaku Wakil Dekan Bidang Kerjasama dan Alumni Sekolah Vokasi UGM, Bapak H. Mas Yanto Herlianto selaku Ketua Umum Keluarga Alumni Sekolah Vokasi UGM (KAVOGAMA), Ibu Embun Savana MM selaku Human Capital at Expert.id dan Aikrut, beserta  Tim dari Aikrut, serta calon wisudawan/wisudawati Sekolah Vokasi UGM.

Agenda utama dalam pembekalan kali ini adalah sharing session bersama Aikrut yang disampaikan oleh Ibu Embun Savana, MM yang  menjelaskan materi tentang perencanaan karir dan skill, Create Million Possibility from Your Potential. 

Ibu Embun menyampaikan bahwa selain lulus dengan IPK yang bagus kita juga perlu memiliki kualitas diri dan skill yang baik. Kita bisa berpegang pada growth mindset untuk mengembangkan diri kita. Selain itu, kita juga harus belajar mengenali diri kita sendiri, seperti apa yang kita mau dan apa potensi yang ada dalam diri kita yang dapat kita kembangkan lebih baik lagi. Di akhir pemaparannya, Ibu Embun juga membagikan tips-tips membuat Curriculum Vitae yang sesuai.

“Setiap kita gagal ingat kita tidak sendiri, bisa jadi orang lain belajar dari kegagalan kita. Dari kegagalan tersebut kita harus bangkit dan mengembangkan diri kita,” tutur Ibu Embun.

Agenda dilanjutkan dengan sesi assessment dari Aikrut yang memberikan penjelasan mengenai cara mengenali potensi diri dengan skillana.   Skillana merupakan platform penilaian untuk mengenali kepribadian dan menemukan potensi diri yang akan memberikan peranan penting dalam membantu memetakan potensi dan kemampuan yang tidak hanya berfokus pada kemampuan kerja namun potensi dalam diri sendiri. Sesi ini dipandu oleh Bapak Yadhi, yang kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

Sesi ditutup dengan foto bersama dan pembagian doorprize. Dengan pembekalan calon wisudawan ini diharapkan calon wisudawan sudah memiliki rencana masa depan yang jelas dan paham langkah mana yang akan mereka ambil, baik meniti karir dengan bekerja, ataupun mengembangkan karir dengan berwirausaha. Menurut Ketua Umum Pengurus Kavogama, Bapak H. Mas Yanto, pembekalan wisuda ini merupakan hal yang penting untuk memberikan bekal kepada mahasiswa yang memasuki dunia kerja, karena mahasiswa harus mampu memiliki kompetensi yang memadai agar  mampu bersaing untuk mendapatkan pekerjaan yang layak.

Penulis: Novita Widhi Astuti

Editor: Humas SV UGM

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*